Sukses

Tak Bisa Berhenti Ngemil Setelah Olahraga, Apa Sebabnya?

Setelah olahraga, Anda mungkin merasa lapar dan tidak bisa berhenti mengemil, apa yang sebenarnya terjadi di tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta Setelah olahraga seringkali seseorang merasa lapar. Alasan yang sudah diketahui, olahraga itu membakar banyak kalori. Jadi, tak heran, Anda merasa lapar. Tapi alasan ini tidak sesederhana itu.

Para ahli menjelaskan, mengapa Anda sepertinya tidak bisa berhenti mengemil setelah olahraha di atas treadmill selama 45 menit. Jumlah kalori tertentu yang Anda bakar tidak secara langsung menentukan seberapa lapar.

Terkadang alasan, mengapa Anda merasa lapar setelah olahraga hanyalah psikologis, kata Heather Milton, fisiolog di NYU Langone's Sports Performance Center, dikutip Self, Sabtu (2/12/2017). Anda membakar banyak kalori, jadi  ada perasaan, yang membuat Anda lapar.

Membakar kalori tidak secara langsung menyebabkan tubuh melepaskan hormon ghrelin. Hormon ini menstimulasi rasa lapar.

Penyebab utama yang mendorong pelepasan ghrelin adalah penurunan gula darah, yang bisa terjadi dalam olahraga.

"Tapi selama gula darah Anda pada tingkat yang baik, hanya membakar kalori saja tidak berarti tubuh Anda akan menciptakan respons lapar," kata Milton.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah lapar saat olahraga

Sebagian besar olahraga melibatkan beberapa komponen glikogen--sumber makanan yang tersimpan dalam karbohidrat. Ketika olahraga, tubuh mulai menggunakan lebih banyak gula dalam darah untuk mendapatkan energi. 

Saat kadar gula darah turun. Tubuh  melepaskan lebih banyak ghrelin untuk memberi sinyal lapar pada otak. Untuk itu, hindari olahraga jika Anda belum makan lebih dari tiga atau empat jam.

Jika Anda nekat olahraga, maka tubuh Anda akan menggunakan lebih banyak gula dari darah. Ini akan membuat Anda merasa lapar dan tak bisa berhenti mengemil setelah olahraga.

Untuk mencegah rasa lapar, sebaiknya makan kudapan satu sampai dua jam sebelum berolahraga. Namun, setiap orang berbeda dalam merespon lapar setelah olahraga.

Berat dan tingkat kebugaran juga bisa mempengaruhi rasa lapar.Studi menunjukkan, tubuh yang lebih bugar membuat Anda semakin kurang respons rasa lapar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.