Sukses

Pesan Motivasi Antar-Pasien Kanker Bikin Haru

Liputan6.com, Tiongkok Sebuah papan pengumuman dengan berbagai pesan haru dari pasien terpampang di dekat pintu masuk rumah sakit di Tiongkok. Pasien, keluarga pasien hingga staf medis menggunakan papan tersebut untuk mengungkapkan pesan kepedulian satu sama lain.

Tak hanya itu saja, harapan pasien terkait dengan penyakit yang dialaminya juga ikut ditulis. Catatan berupa tulisan tangan yang tertuang di selembar kertas tempelan berwarna-warnilah yang ditempel di papan pengumuman. 

Yang lebih menarik, kertas tersebut juga dibentuk dengan cantik, misalnya, berbentuk Love (hati). Dilansir dari BMJ Blogs, Sabtu (2/12/2017), catatan yang terpampang hangat dan menyentuh.

"Saya harap Ibu segera sehat ya; "Saya mencintaimu, Sayangku"; "Terima kasih, Dr. xxx, saya dan keluarga selalu menghargai bantuan Anda"; "Kamu sangat kuat dan kami bangga padamu," dan seterusnya.

Catatan tersebut berisi curahan hati pasien dan keluarga pasien untuk kesembuhan selama menjalani pengobatan di rumah sakit.

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 3 halaman

Inisiatif dari dokter

Papan pengumuman dengan pesan haru dibuat setahun yang lalu. Pembuatan papan dipicu pasien dari dokter Jiafu Ji yang ditemui di klinik rawat jalan.

Pasien itu menjalani pengobatan dan perawatan rutin setelah operasi. 

"Dia mengatakan kepada saya, sangat penting baginya untuk mendapatkan dukungan emosional dari keluarga, pasien lain, dan staf medisnya. Sebelum dia menjalani operasi, cucunya mengunjunginya dan membawa sebuah catatan berbentuk hati yang berbunyi: "Saya mencintaimu, Nenek Sayang! Nenek pasti sembuh dan segera kembali ke rumah ya," papar dokter Jiafu, seorang ahli bedah onkologi, kanker di Peking University Cancer Hospital & Institute.

Dari penuturan pasien tersebut, dokter Jiafu berpikir, mengapa kita tidak memberi ruang bagi pasien dan keluarga mereka untuk mengungkapkan perasaan selama menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit.

Pasien dan keluarga mereka sangat ingin menulis dan memperlihatkan catatan cinta. Papan pengumuman yang sudah ada diperlebar untuk memberikan ruang menempel catatan pesan cinta dan haru.

2 dari 3 halaman

Butuh dukungan emosional

Kanker adalah kata yang paling menakutkan bagi orang awam di Tiongkok. Beban ekonomi serta tantangan fisik dan psikologis sangat berat bagi pasien dan keluarga. Papan pengumuman penuh dengan kata-kata semangat.

Bahkan beberapa pasien memutuskan, meninggalkan catatan mereka di papan pengumuman setelah diperbolehkan pulang. Ini karena mereka menginginkan catatan tersebut untuk mendukung pasien lain yang masih berada di rumah sakit.

Ungkapan haru dan cinta dari pasien hingga keluarga pasien di papan pengumuman. (BMJ Blogs)

Ada juga banyak catatan yang ditulis pasien dan keluarga mereka untuk mengungkapkan penghargaan mereka kepada staf medis. 

Hal itu hadiah terbaik bagi staf medis. Pasien secara timbal balik menghargai kinerja dokter dan staf medis melalui catatan berisi ungkapan terima kasih.

Artikel Selanjutnya
Waspadai 5 Kondisi yang Bisa Jadi Petanda Kanker Paru
Artikel Selanjutnya
Rajin Cuci Tangan Bisa Cegah Kanker Serviks