Sukses

Lampu Kuning Buat Jomblo, Ini Akibat Kalau Kamu Sering Kesepian

Anda jomblo dan kesepian? Cek bahaya psikologis bagi orang yang sering merasa kesepian.

Liputan6.com, Jakarta Hidup dengan atau tanpa pasangan alias jomblo memanglah bukan penentu bagi seseorang sering merasa kesepian atau tidak. Namun jika kondisi jomblo membuat Anda sering merasa kesepian, maka hati-hati. Kondisi kesepian yang dirasakan secara sering dan terus menerus bisa menyebabkan efek buruk bagi tubuh.

Mengutip laman Step to Health, Jumat (1/12/2017), berikut ini beberapa hal yang dapat terjadi pada orang yang sering merasa kesepian.

1. Distorsi realitas

Keuntungan yang didapatkan orang yang senang bicara dengan orang lain adalah adanya sudut pandang yang berbeda. Ini dapat membantu Anda membedakan apa yang Anda rasakan dengan apa yang orang lain lihat.

Namun jika Anda lebih senang menyendiri dan merasa kesepian, hal ini akan membuat Anda kekurangan informasi. Hal ini juga akan menyebabkan Anda berisiko memiliki dunia sendiri dan jauh dari dunia di sekitar Anda.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Kecemasan

Tak hanya terkucilkan dari dunia sekitar, orang yang sering kesepian juga akan merasakan kecemasan. Hal ini akan diperparah bila gagasan terdistorsi juga mengacu pada diri Anda sendiri.

Kecemasan akan bertambah parah saat Anda harus menghadiri undangan bersama pasangan atau partner. Kadangkala Anda akan merasa tidak berharga dan merasa tidak memiliki siapa-siapa.

3. Depresi

Bila kondisi di atas dibiarkan dan terus terjadi, risiko selanjutnya yang menghantui Anda adalah kurangnya harapan dan hilangnya makna hidup. Bila segala sesuatu yang Anda lihat negatif dan Anda tidak dapat menemukan rangsangan positif, hidup menjadi sangat rumit.

Meskipun pekerjaan Anda penting bagi Anda, jauh di lubuk hati, kebahagiaan Anda tidaklah nyata tanpa adanya kasih sayang dari orang di sekeliling Anda.

Inilah sebabnya mengapa jaringan sosial begitu penting bagi setiap orang. Alsannya, Anda perlu membicarakan apa yang sedang terjadi dengan Anda dan menceritakan hal buruk yang telah Anda alami. Selain itu, dengan berhubungan dengan orang lain Anda akan mendapatkan pengetahuan baru dan berbagi cerita. Lebih dari itu, orang yang sering bersosialisasi juga akan merasa lebih bahagia dan hal ini akan berdampak positif pada kesehatan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini