Sukses

5 Penyebab Bayi Sering Muntah Setelah Minum ASI

Ada beberapa makanan yang sebaiknya Bunda hindari sebelum memberikan minum ASI ke buah hati tercinta. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Bukan karena kenyang, tapi ada penyebab lain yang patut diwaspadai ketika bayi muntah usai minum ASI. Refluks asam lambung, namanya. Gangguan ini menyerang lambung bayi, sehingga menyebabkan bayi sering muntah. Untuk bayi yang disusui secara eksklusif, susu yang diberikan adalah satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi.

ASI mengandung esensi dan kebaikan dari setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Tapi efek buruknya, makanan yang dikonsumsi berakhir pada ASI. Hal ini dapat menyebabkan efek buruk pada kesehatan bayi Anda. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis makanan apa yang tepat untuk dikonsumsi dan jenis makanan yang perlu dihindari sebelum bayi minum ASI.

Asal mengkonsumsi akan membuat bayi mengalami refluks asam atau refluks gastroesophageal, seperti yang disebut secara ilmiah seperti yang dlansir Boldsky, Sabtu (2/12/2017).

Refluks terjadi ketika lingkaran otot antara esofagus dan perut tidak berfungsi maksimal, sehingga asam lambung dan makanan dari perut kembali ke kerongkongan. Umumnya fungsi cincin otot yang berfungsi seperti katup pada esofagus bawah bayi belum sempurna.

Makanan yang patut dihindari saat menyusui atau sebelum bayi Anda minum ASI adalah:

1. Kafein

Cara terbaik untuk mencegah refluks asam pada bayi adalah tak mengonsumsi kafein. Kafein dapat mengendurkan otot sfingter esofagus bagian bawah, di mana otot ini membantu untuk menahan asam pada perut.

2. Makanan pedas

Makanan pedas akan mengiritasi lapisan perut dan usus. Sistem pencernaan bayi belum diperlengkapi untuk mengatasi makanan pedas. Hal ini akhirnya akan menyebabkan refluks asam.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Minuman karbonasi

Minuman berkarbonasi mengandung molekul gas yang sangat tidak stabil. Ini juga mengganggu lapisan perut, menyebabkan acid reflux.

4. Gorengan

Gorengan mengandung banyak lemak tidak sehat dan tidak perlu. Ini mengganggu pencernaan yang tepat pada sistem pencernaan bayi yang belum matang.

5. Jus Buah Buatan

Jus buah buatan yang tersedia di pasaran saat ini penuh dengan bahan pengawet dan bahan kimia lainnya. Bahan kimia ini mungkin tidak dicerna secara efektif oleh sistem bayi dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Reporter: Mona Indriyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.