Sukses

Jika Nyeri Tubuh Dibiarkan, Apa yang Bakal Terjadi?

Berbahayakah bila nyeri tak segera ditangani?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa bulan terakhir Nuri (29) merasakan nyeri di bagian pinggang sisi kiri. Namun hal tersebut dibiarkannya saja. Katanya, "Ah, masih tahan sama rasa nyerinya kok."

Kondisi yang dialami Nuri itu tentunya juga pernah dialami individu lainnya. Berbahayakah bila nyeri tak segera ditangani?

Menurut dokter spesialis anestasi dari Pain Care KL Klinik Jakarta, Ketut Ngurah Gunapriya, rasa nyeri memang bukan hal yang menyebabkan kegawatdaruratan tapi bisa menurunkan kualitas hidup. Bila nyeri dibiarkan lama-lama bisa membuat derajat nyeri semakin meningkat.

Selain itu, jika tak ditangani, lokasi nyeri pun bisa makin meluas.

"Bagian tubuh yang tidak nyeri akan berubah menjadi nyeri. Misalnya bagian kiri tubuhnya nyeri, dia akan cenderung ke kanan, lama-kelamaan dengan postur yang salah membuat bagian kanan ikutan nyeri," kata Ngurah saat dijumpai di klinik yang berada di Meruya, Jakarta Barat pada Kamis (30/11/2017). 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periksakan nyeri ke dokter

Jika memang mengalami nyeri secara terus menerus Ngurah menyarankan untuk segera ke dokter.

"Untuk bisa memberikam obat nyeri itu semua dokter bisa. Namun, jika masih nyeri harus dipikirkan lebih serius untuk mendatangi klinik nyeri karena dokternya lebih paham masalah nyeri," kata pria yang mengambil spesialisasi anestesi di Universitas Indonesia ini.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa klinik yang memberikan perawatan di bidang nyeri. Walau memang jumlahnya lebih sedikit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.