Sukses

Bahaya di Balik Kerokan, Hobi Baru Ruben Onsu

Ruben Onsu punya kebiasaan baru, yaitu kerokan. Aktivitas ini kerap dia bagikan di akun Instagram pribadinya.

Liputan6.com, Jakarta Presenter kondang Ruben Onsu beberapa kali terlihat mengunggah foto sedang kerokan di akun Instagram-nya. Sahabat mendiang Olga Syahputra ini tampak sangat menikmati aktivitas dikerok sang istri, Sarwendah.

Aktivitas syuting yang padat memang dapat menurunkan daya tahan tubuh seorang pekerja seni seperti Ruben Onsu. Masuk angin menjadi kondisi yang rasa-rasanya kerap menghampiri.

Mungkin bagi Ruben Onsu, kerokan adalah alternatif untuk mengeluarkan semua angin dari tubuhnya, guna meningkatkan kembali kekebalan tubuh yang sempat drop.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerokan Tidak Dianjurkan

Namun, metode pengobatan tradisional dengan menggerakkan uang logam atau alat pipih ke area permukaan kulit tertentu ini masih diragukan manfaatnya. Sebab, saat kulit terkena gesekan uang logam atau bawang, pori-pori terbuka yang justru "berbahaya".

Pembuluh darah kecil yang dikenal sebagai kapiler, yang terletak di dekat permukaan kulit, akan terbuka dan melebar. Kondisi ini dapat mengakibatkan kulit memar dan pendarahan kecil.

Bahkan, bisa memasukkan kuman yang berasal dari uang logam ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah. Pastikan juga untuk memerhatikan uang logam yang digunakan saat kerokan.

Sebuah laporan seperti dikutip dari situs The Alternative Daily, Kamis, 30 November 2017, saat Anda ingin kerokan di leher, pastikan selalu memperhatikan pernapasan. Seorang pasien radang tenggorokan akut pernah berkomentar, kerokan justru menghalangi saluran pernapasannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.