Sukses

Mandi Berendam dengan 3 Bahan Ini Rahasia Cantik Wanita Jepang

Salah satu rahasia cantik wanita Jepang terletak pada air yang mereka gunakan untuk mandi, terutama ketika musim dingin tiba.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu rahasia cantik wanita Jepang terletak pada air yang mereka gunakan untuk mandi, terutama ketika musim dingin tiba. Racikan air mandi yang mereka gunakan tak hanya membuat kulit jadi halus dan mulus, melainkan juga menghangatkan tubuh.

Rumah-rumah di Jepang umumnya dilengkapi dengan bak mandi (tub) yang bisa menjaga suhu air seperti yang diinginkan. Dan mencampur air mandi dengan beberapa bahan berikut terbukti bisa menghaluskan kulit, mengutip laman Soranews24, Kamis (30/11/2017).

1. Bekatul (rice bran)

Bekatul yang berasal dari kulit ari beras itu memiliki efek yang baik bagi kulit. Kandungan tinggi asam tak jenuh (oleic acid) membuatnya mudah diserap tubuh. Selain itu, bekatul mengandung 100 vitamin, mineral, dan antioksidan yang bisa mengatasi kulit kering. Namun, endapan bubuk bekatul berpontensi menyumbat pipa pembuangan atau gorong-gorong bak mandi atau kamar mandi.

Agar mudah, sebaiknya letakkan bubuk bekatul secukupnya dalam kantung kain lalu simpul bagian ujung sebelum merendamnya di bak mandi. Air hangat yang telah tercampur bekatul bisa digunakan untuk berendam. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sake dan kelp

2. Sake

Sake bisa melembapkan kulit kering, mengurangi tekanan darah tinggi, dan meningkatkan sirkulasi. Sake juga bisa menghangatkan tubuh.

Bagaimana cara membuat air mandi dengan sake? Mudah saja. Masukkan 2 hingga 3 cangkir sake ke bak berisi air mandi. Sebaiknya hangatkan air mandi hingga 37 derajat celsius dulu sebelum membubuhinya dengan sake.

3. Kombu (kelp)

Kombu adalah semacam rumput laut tebal yang biasa dijadikan sup. Asam amino dalam kombu membantu melembapkan dan melembutkan kulit. Berbagai percobaan telah membuktikan, mandi menggunakan air kombu bisa mendatangkan manfaat bagi kulit.

Ada dua cara untuk menggunakan kombu untuk mandi. Pertama, potong kotak kombu kering dengan ukuran 5 cm lalu letakkan di kantung jaring dan rendam ke dalam bak berisi air mandi.

Cara kedua memerlukan sedikit usaha. Anda perlu merebus kombu untuk mendapatkan kaldunya lalu memasukkan kombu serta kaldu itu ke dalam kantong jaring dan mencelupkannya ke bak mandi. Air campuran itu bisa Anda gunakan untuk berendam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.