Sukses

40 Tahun Bersahabat, Ini Kesan William Wongso akan Bondan Winarno

Liputan6.com, Jakarta Pakar kuliner Indonesia William Wongso (70) dikenal sebagai salah satu teman dekat Bondan Winarno (67). Siapa sangka, pertemanan mereka sudah terjalin lebih dari 40 tahun.

"Aku ini teman Bondan (Bondan Winarno) sudah 40 tahunan. Sepanjang itu kami tetap berteman dan sering ketemu," kata William saat dihubungi Health-Liputan6.com, Rabu (29/11/2017).

Pertemanan dua tokoh kuliner Indonesia ini bisa dibilang unik. Mereka malah pertama kali bertemu ketika belum terjun di dunia kuliner.

"Saya kenalnya dari zaman masih di Surabaya. Dulu saya masih di Radio Merdeka, dia sering datang ke tempat saya untuk memasang iklan. Kalau tidak salah dia mengurus iklan baterai," ujar William mengenang kisah mereka.

William Wongso (Foto: Instagram/@williamwongso)

Ketika tak lagi berkutat pekerjaan, keduanya terus berteman. Menurut William, antara dia dan Bondan Winarno punya visi yang sama dan saling menghormati eksistensi masing-masing. Terlebih ketika keduanya terjun di bidang kuliner. Hal ini membuat William dan Bondan sering bertukar pikiran tentang pengembangan kuliner Indonesia.

"Tentang gimana sih kuliner kita, pendidikannya kok masih langka. Ya memang pemerintah mulai sedikit (memberikan perhatian) tapi kan masih ketinggalan jauh dengan Vietnam yang baru merdeka. Vietnam rumah makannya sudah ada di mana-mana," cerita pria yang juga chef ini.

 

 

 

1 dari 3 halaman

Makan bersama di Oktober lalu

Bondan Winarno menjalani operasi karena kondisi aneurisme aorta dan penggantian katup aorta pada September 2017. Usai menjalani operasi, dua sahabat ini bertemu.

Bondan datang ke kantornya untuk menikmati keju yang chef ini bawa dari Belgia. "Aku bilang ke dia, 'Aku punya keju macam-macam, ada 15 macam, sinih datang'," kenang William dalam perjalanan ke rumah duka Bondan di Sentul City.

 

Bondan pun datang bersama sang istri. Ketika ke lantai tempat William berada, dia naik tangga. Sebelum menawarkan keju, William sempat bertanya, "Emang boleh makan?."

Ayah dari Gwen Winarno itu menjawab, "Lho saya kan buka pasien koroner, jadi makanan enggak ada masalah."

Tak hanya makan bersama, William pun sering berbagi oleh-oleh dengan presenter yang dikenal dengan kata maknyus itu."Kan dia suka koleksi cup espreso Starbucks, aku bawakan dari Korea untuknya," kenang William.

 

 

 

Whoa! When it rains, it pours. Rezeki anak sholeh. Dapat oleh2 4 espresso shots dari Korea. Thank you, @williamwongso

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bondan Winarno (@maknyusbw) pada

2 dari 3 halaman

Kenangan manis akan Bondan

Salah satu hal yang tidak terlupakan akan sosok Bondan Winarno di mata William adalah talenta. William sering keheranan ketika melihat hasil tulisan kuliner Bondan yang selalu bagus.

"Aku tuh bukan penulis, kalau dia, dari catatan secuil kertas bisa jadi satu halaman koran itu gimana caranya gitu lho. Hahahaha... Itu yang selalu tak perhatikan," kata William.

Hingga kini, bagi William, tulisan Bondan di bidang kuliner tetap terbaik. "Dengan latar belakang wartawan, saya anggap penulisan kulinernya terbaik hingga saat ini tentang mengekspresikan sesuatu," lanjutnya.

Banyak orang melihat Bondan Winarno sosok yang kaku. Bagi William, Bondan itu senang sesuatu yang langsung ke sasaran. "Jika tidak suka, dia akan mengatakan itu," tutup William.

Artikel Selanjutnya
Tiga Kali Menulis Film, Ernest Prakasa Belum Berani Pindah Genre
Artikel Selanjutnya
(X)S.M.L Hadirkan Pilihan Trendi Wanita Modern Berprestasi