Sukses

Foto Makanan Terakhir di Instagram, Bondan Winarno Kecewa

Ini dia foto makanan terakhir yang diunggah Bondan Winarno di akun Instagramnya

Liputan6.com, Jakarta Di awal Bulan November seusai pulang dari Rumah Sakit Sanglah Denpasar, Bali, tokoh kuliner Indonesia yang meninggal Rabu (29/11) hari ini, Bondan Winarno menayangkan foto makanan di laman Instagram pribadinya berakun @maknyusbw.

Rupanya foto yang dipamerkan pada Minggu, 5 November itu merupakan foto makanan terakhir yang diunggah Bondan. Foto tersebut merupakan sajian makanan berupa steak yang dilengkapi dengan rebusan jagung dan tumis kentang serta saus. Bondan menyebutkan, "Karena dinyatakan kurang Hb (red: haemoglobin), pulang dari Rumah Sakit Sanglah, langsung cari steak di tempat favorit kids zaman now. Kecewa berat,"ujar Bondan.

Tidak diketahui kenapa Bondan Winarno kecewa dengan makanan ini. Ada beberapa yang berkomentar dan bertanya tapi tidak dijawab.

Daging memang dikenal sebagai salah satu bahan makanan sumber zat besi yang merupakan bahan baku untuk membuat sel darah merah. dr. Tiara Rahmawati dari Klikdokter menyebutkan, daging merah seperti daging domba, sapi, atau daging merah lainnya disarankan untuk dikonsumsi sebagai pendongkrak zat besi dalam tubuh karena bahan-bahan ini mengandung zat besi heme yang mudah diserap tubuh.

 

Krn dinyatakan kurang Hb, pulang dari RS Sanglah lgsg cari steak di tempat favorit kids zaman now. Kuciwa berat.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bondan Winarno (@maknyusbw) pada

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan zat besi lain

Jantung, ginjal, dan hari dari daging merah juga merupakan bagian-bagian yang mengandung zat besi paling banyak. Selain daging bahan-bahan makanan lain yang mengandung zat besi antara lain :

1. Bayam

Sayuran ini kaya akan kalsium, Vitamin A, B9, E dan C, zat besi, serat serta beta karoten. Penelitian menemukan bahwa setengah cangkir bayam rebus mengandung 3,2 mg besi.

2. Bit

Bit dikenal sangat efektif dalam memperbaiki dan mengaktifkan kembali sel-sel darah merah. Jika sel-sel darah merah aktif, pasokan oksigen ke seluruh bagian tubuh pun meningkat.

3. Selai Kacang

Selai kacang merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Dua sendok makan selai kacang mengandung 0,6 mg zat besi.

4. Tomat

Khasiat tomat tidak lagi diragukan. Tomat tidak hanya kaya akan beta karoten dan vitamin E, tetapi juga zat besi.

5. Delima

Buah ini memiliki kandungan zat besi dan vitamin C yang sangat efektif dalam mengobati gejala anemia seperti pusing, kelelahan dan bahkan kehilangan pendengaran. Buah yang dikenal belakangan ini dengan nama pomegrenate ini diyakini memiliki zat antioksidan yang tinggi, dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

6. Madu

Madu sangat baik untuk tubuh. Terdapat sekitar 0.42 mg zat besi dalam 100 gram madu. Selain itu, madu juga mengandung tembaga dan magnesium yang akan membantu meningkatkan hemoglobin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini