Sukses

Cinta Bondan Winarno pada Kuliner Tak Pernah Pudar Sampai Akhir

Liputan6.com, Jakarta Bondan Winarno yang terkenal dengan ucapan "maknyus" nya baru saja tutup usia hari ini, Rabu (29/11/2017), pukul 09.05 WIB. Presenter acara kuliner ini menghembuskan napas terakhirnya di RS Harapan Kita Jakarta.

Mengintip Instagram Bondan Winarno, rupanya pria 67 tahun ini memang sudah bolak-balik ke rumah sakit sejak awal November lalu. Walaupun begitu, pria kelahiran Surabaya, 29 April 1950 ini tetap selalu menyempatkan diri memanjakan hobi kulinernya.

 

Krn dinyatakan kurang Hb, pulang dari RS Sanglah lgsg cari steak di tempat favorit kids zaman now. Kuciwa berat.

A post shared by Bondan Winarno (@maknyusbw) on

Seperti unggahan Bondan Winarno di Instagram tanggal 5 November lalu. Sepulang cek dari rumah sakit, ayah tiga anak langsung mencari steak. Demi untuk menaikkan hemoglobin (hb) darahnya yang dikabarkan rendah.

Tak hanya itu. Kecintaan kuliner Bondan Winarno bisa dilihat dari hampir setiap unggahannya di Instagram. Berbagai foto makanan yang disantapnya selalu dipamerkan oleh Bondan Winarno.

 

Our lunch is healthy foods sent directly from the kitchen of @purefoodscompany. I am a happy camper. 😊

A post shared by Bondan Winarno (@maknyusbw) on

Walau begitu, suami dari Yvonne Winarno ini juga tidak lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat. Berbagai sayuran dan salad sering ditampilkannya, dan dipuji kelezatannya.

Namun untuk unggahan terakhirnya di Instagram, tujuh hari lalu, tanggal 22 November 2017, Bondan Winarno tidak membicarakan makanan. Dia menyampaikan kerinduannya pada pemandangan matahari tenggelam Bali. 

 

Missing this sunset view from our rooftop.

A post shared by Bondan Winarno (@maknyusbw) on

1 dari 2 halaman

Berawal dari wartawan

 

Emang cuma @renoandamsuri yang bisa masuk dapur RM Selamat? Andam ..oi..Andam..

A post shared by Bondan Winarno (@maknyusbw) on

Walau sosoknya baru dikenal sejak menjadi pemandu acara kuliner di salah satu TV swasta, Bondan Winarno sebenarnya bukanlah sosok asing dalam dunia media.

Pria yang sempat kuliah di Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur, Universitas Diponegoro ini mengawali karirnya sebagai fotografer untuk Puspen Hankam di Jakarta. Berpindah-pindah kerja, karir Bondan membawanya bahkan sampai ke benua Afrika, mengunjungi Kenya.

 

Aku Bondan Maknyuss. Aku Indonesia. Aku Bangga. Aku Cinta Produk Kita. Dirgahayu NKRI.

A post shared by Bondan Winarno (@maknyusbw) on

Ketika akhirnya dinobatkan sebagai Pakar Kuliner Nusantara, pria yang terkenal dengan tagline khas "Pokok'e Maknyus!" ini kemudian meluncur buku kumpulan wisata kulinernya sendiri, 100 Mak Nyus Bondan Winarno.

Saat peluncuran bukunya, Bondan Winarno mengatakan, tugasnya untuk menerjemahkan rasa makanan menjadi kat-kata itu bukanlah pekerjaan yang mudah.

Bondan Winarno juga mempelopori dan menjadi ketua Jalansutra, komunitas kuliner di Indonesia pada tahun 2003. Komunitas ini kemudian memiliki blog sendiri, Jalan Sutra, yang berisi tentang ulasan berbagai makanan.

Lewat buku dan blog komunitasnya ini, Bondan Winarno meninggalkan warisan kecintaan makanan untuk penggemar kuliner yang lain.

Saksikan video berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Pahitnya Hidup Hamish Daud, Tinggal di Hutan hingga Alami Koma
Artikel Selanjutnya
2 Bintang Paling Menyedot Perhatian Pecinta Sinetron Saat Ini