Sukses

Lewat Mesin Ini, Tuna Wisma Bisa Ambil Makanan dan Baju Gratis

Dalam beberapa hari ke depan, para tuna wisma bisa mendapat pakaian, makanan, serta perlengkapan gratis dari sebuah mesin jual otomatis.

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa hari ke depan, para tuna wisma bisa mendapat pakaian, makanan, serta perlengkapan gratis dari sebuah mesin jual otomatis (vending machine). 

Ya, alih-alih memberi uang pada mereka yang kurang beruntung, organisasi amal Action Hunger di Inggris akan meluncurkan sebuah mesin jual otomatis. Meski namanya mesin jual otomatis, para tuna wisma bisa mengaksesnya secara cuma-cuma.

Kabarnya, persediaan dalam mesin tersebut mampu memenuhi kebutuhan hingga 100 tuna wisma. Masing-masing tuna wisma itu bisa mengambil tiga barang gratis seperti air minum, buah segar, kaos kaki, pasta gigi, losion antibakteri, biskuit, hingga roti lapis setiap hari.

Melansir laman New York Post, Rabu (29/11/2017), untuk bisa mengakses mesin tersebut secara cuma-cuma, masing-masing tuna wisma itu perlu menggunakan sebuah key card yang dilengkapi chip. Key card itu akan dikeluarkan oleh badan amal lain, The Friary.

"Bila organisasi lain menawarkan empati serta bantuan seperti konseling, kami berfokus menyediakan vending machine tanpa awak manusia," ujar juru bicara badan amal, Huzaifah Khaled, pada BBC. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan ada di kota-kota lain

Mesin jual otomatis pertama akan diletakkan di pusat Nottingham, dekat pintu masuk sebuah pusat perbelanjaan.

Saat ini prioritas The Friary adalah orang-orang yang tidur di jalan alias tak memiliki tempat tinggal. Hal itu dinyatakan oleh CEO The Friary, Sam Crawford.

Rencananya, Action Hunger akan menempatkan mesin serupa bagi para tuna wisma di kota-kota lain seperti di London, New York City, Seattle, dan Los Angeles.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.