Sukses

5 Tips Cegah Penuaan Otak

Saat kita bertambah tua, otak kehilangan sel sarafnya dan mereka hancur tanpa dapat diperbaiki.

Liputan6.com, Jakarta Terlepas dari kenyataan bahwa otak kita memang berubah selama bertahun-tahun, atau mengalami luka serta kebiasaan buruk (alkohol, merokok,dll), organ ini memiliki kemampuan untuk meregenerasi dirinya sendiri dengan menciptakan jalur dan jaringan neuron yang baru.

Namun, agar proses ini benar-benar terjadi, kita harus melakukan pendekatan proaktif untuk merangsang kemampuan alami otak kita. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca, belajar, atau berbicara dengan seseorang.

Selain itu, ada lima tips yang bisa membantu, seperti dikutip dari Steptohealth:

1. Latihan fisik

Latihan fisik dan neurogenesis (pertumbuhan neuron baru) sangat erat kaitannya. Setiap kali kita beraktivitas dengan berjalan-jalan, berenang, atau gym, kita telah mengoksidasi otak kita.

Latihan fisik juga dapat merangsang produksi endorfin yang memperbaiki mood dan membantu melawan stres.

2. Senam otak

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan otak Anda, salah satunya yaitu dengan senam otak. Bagaimana caranya?

Dengan membaca setiap hari, Anda dapat meningkatkan minat dan keingintahuan Anda untuk hal-hal baru. Anda juga bisa menikmati manfaat belajar bahasa baru.

bahkan belajar memainkan alat musik, bermain game dan memecahkan teka-teki, bersosialisasi, bepergian, menemukan banyak hal akan menyegarkan otak.

 

 

 

Simak video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Diet

Salah satu musuh terbesar bagi otak adalah lemak jenuh. Makanan olahan juga memperlambat neurogenesis.

Itulah mengapa penting untuk mengikuti diet rendah kalori tapi beragam yang mencakup semua nutrisi yang kita butuhkan. Selalu ingat bahwa otak kita membutuhkan energi, terutama di pagi hari. Makanan yang kaya omega-3, tanpa diragukan lagi, adalah makanan terbaik untuk mendorong neurogenesis.

4. Seks

Seks juga membantu (bagi yang sudah menikah). Seks adalah arsitek otak yang hebat dan promotor alami neurogenesis. Coba Anda tebak mengapa?

Seks tidak hanya mengatur stres, tapi juga berdampak besar pada emosi kita, yang merangsang area otak yang berhubungan dengan ingatan. Hormon seperti serotonin, dopamin, atau oksitosin, yang dihasilkan selama momen intim ini, mendorong terbentuknya sel saraf baru.

5. Meditasi

Efek meditasi pada otak tidak diragukan lagi dan sangat mengagumkan. Meditasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif tertentu, seperti rentang perhatian, memori dan konsentrasi. Hal ini membantu kita untuk menyalurkan stres dan kecemasan.

Ketika kita bermeditasi, otak kita mulai bekerja secara berbeda. Meditasi dapat meningkatkan gelombang alfa, yang sedikit demi sedikit, menciptakan gelombang gamma yang mampu meningkatkan relaksasi dan akhirnya membantu merangsang konektivitas otak dan neurogenesis.

Terlepas dari kenyataan bahwa belajar meditasi memerlukan beberapa waktu dan latihan, mencapainya adalah obat alami terbaik untuk pikiran dan kesejahteraan kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.