Sukses

8 Buah yang Enggak Bakal Bikin Gendut

Liputan6.com, Jakarta Semua buah mengandung gula alami yang disebut fruktosa. Namun beberapa jenis  buah memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dibanding yang lain.

Bagi orang yang ingin mengendalikan asupan gula atau sedang mengurangi konsumsi minuman bersoda, cokelat, atau permen, konsumsi buah adalah cara yang sehat untuk melengkapi makanan manis dan menambahkan nutrisi ke dalam makanan.

Berikut rincian buah-buah rendah gula terbaik untuk siapa pun yang ingin mengurangi asupan gula harian mereka tanpa mengurangi selera dan nutrisi, dikutip dari Medicalnewstoday, Selasa (28/11/2017).

1. Stroberi

Stroberi, seperti buah beri lainnya, mengandung tinggi serat dan sedikit gula.

Hanya ada sekitar 8 gram gula dalam delapan stroberi berukuran sedang. Mereka juga merupakan sumber vitamin C yang baik.

2. Persik

Meski rasanya manis, buah persik ukuran sedang hanya mengandung sekitar 13 gram gula.

3. Blackberry

Seperti stroberi, buah ini juga mengandung 4-5 gram gula, 5,3 gram serat, dan 1,39 gram protein per 100 gram. Buah ini juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Menariknya, bahwa blueberry mengandung sekitar dua kali lipat jumlah gula dari blackberry.

4. Lemon dan jeruk nipis

Tak banyak orang yang mau mengonsumsi lemon atau jeruk nipis untuk dimakan sebagai camilan. Namun, dengan jumlah tidak lebih dari 2 gram gula per buah dan kadar vitamin C yang tinggi, buah ini adalah tambahan yang bagus untuk makanan seseorang.

Orang biasa memeras lemon atau jeruk nipis ke dalam air mineral untuk menggantikan minuman berkarbonasi manis lainnya, atau bahkan meremas jus lemon di atas salad daripada menggunakan saus salad.

 

Simak video berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Melon madu

Sebagai camilan yang populer, sepotong melon madu mengandung sekitar 11 gram gula yang dapat dicerna.

Melon madu juga mengandung kalium, vitamin C, dan zat besi.

6. Jeruk

Jeruk berukuran sedang memiliki sekitar 14 gram gula yang mudah dicerna dan juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

Jus jeruk dan semua jus buah lainnya yang dibeli dari supermarket mungkin mengandung gula tambahan. Jika seseorang ingin membatasi asupan gula mereka, biasanya lebih baik memakan buah itu saja daripada meminum jusnya.

7. Jeruk Bali

Buah rendah gula ini adalah makanan sarapan favorit.

Setengah ukuran jeruk bali berisi sekitar 11 gram gula. Jika merasa jeruk bali terlalu kecut, biasanya ditambahkan sedikit madu atau menaburkan Stevia di atasnya.

8. Alpukat

Alpukat hampir bebas gula. Buah ini juga merupakan sumber lemak baik dan serat.

Artikel Selanjutnya
‎Benarkah Andika Pratama Kesal karena Istrinya Sibuk Berbisnis?
Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Harus Kamu Hindari Biar Nongkrong Jadi Lebih Asyik