Sukses

Minum Air Bikin Langsing, Bagaimana Bisa?

Liputan6.com, Jakarta Minum air putih sangat penting untuk menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain itu, mencukupi kebutuhan air setiap hari ternyata berpengaruh lho terhadap penurunan berat badan.

"Minum air secukupnya mungkin kerap dilupakan orang, tapi ini sangat penting dalam menurunkan berat badan," kata ahli nutrisi dari NYU Langone Medical Center's Weight Management Program, Leah Kaufman.

Berikut empat alasan minum air sesuai kebutuhan tubuh bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan. Selengkapnya seperti mengutip Women's Health, Selasa (28/11/2017).

1. Metabolisme tubuh meningkat

Kehadiran air dalam tubuh meningkatkan pembakaran kalori. Sebab, setiap kali minum tubuh bekerja (membakar kalori) untuk memproses apa pun yang masuk.

Lalu, studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Endocrinology & Metabolism menyebutkan minum 0,5 liter air putih meningkatkan metabolisme hingga 30 persen. Ini artinya, bila setiap hari paling tidak minum air 1,5 liter, maka akan meningkatkan pembakaran hingga 200 kalori.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 3 halaman

Menekan rasa lapar

2. Menekan rasa lapar

Sering kali kita merasa lapar, padahal sesungguhnya hanya haus, seperti disampaikan ahli nutrisi dari Florida, Amerika Serikat, Jaime Mass.

Selain itu, bagi yang ingin mengurangi asupan makan ada baiknya mengikuti studi dari Oxford University Inggris. Studi pada 2015 ini mengungkapkan orang dewasa gemuk yang minum 0,5 liter air 30 menit sebelum makan membuat lebih sedikit makanan yang masuk ke mulut.

 Presiden AS, Donald Trump meminum botol air mineral disela menyampaikan pidato di Ruang Diplomatik Gedung Putih, Rabu (15/11). Sementara itu warganet justru mengkritik Trump yang meminum air mineral impor merek Fiji Water. (MARK WILSON/GETTY IMAGES/AFP)

2 dari 3 halaman

Lebih berenergi

3. Jadi lebih berenergi

Tubuh yang tercukupi kebutuhan cairan membuat seseorang jadi lebih berenergi. Ketika energi meningkat, membuat seseorang semangat berolahraga. Hal ini tentu berpengaruh besar dalam menurunkan berat badan.

Apakah kamu bisa diet hanya dengan air putih? Temukan jawabannya di sini! (Sumber Foto: CureJoy)

4. Cegah konsumsi minuman lain

Studi BMC Public Health menemukan data bahwa orang yang minum air putih cenderung lebih sedikit mengonsumsi minuman berkalori, seperti kopi atau soda.

Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Hebat Dari Rajin Minum Air Hangat Pagi Hari