Sukses

5 Profesi yang Bikin Anda Rentan Terserang Flu

Beberapa profesi berikut membuat pelakunya jadi lebih rentan terkena dan tertular flu.

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan sudah datang. Cuaca yang lebih dingin bikin Anda semua rentan terserang flu. Bukan hanya karena hujan yang bikin suhu menurun, kontak dengan banyak orang juga bisa bikin Anda mudah sakit.

Apalagi, jika Anda memiliki salah satu profesi di bawah ini, seperti dikutip dari Real Simple, Selasa (28/11/2017):

1. Guru

Menghabiskan waktu bersama banyak murid di dalam ruang kelas, memperbesar risiko Anda terkena flu.

2. Dokter atau petugas medis lain yang sedang magang

Para mahasiswa atau dokter baru ini akan terpapar banyak kuman, saat bertugas di rumah sakit. Namun berbeda dengan dokter atau perawat yang sudah berpengalaman, tubuh mereka belum lagi mengembangkan imunitas untuk menangkis kuman-kuman ini.

3. Pengatur lalu lintas bandara dan profesi dengan stres tinggi lain

Stres kronis bisa menurunkan kerja sistem imun. Akibatnya, orang-orang dengan profesi yang membuat mereka tegang sepanjang hari--seperti para petugas yang mengatur lalu lintas datang perginya pesawat--jadi lebih rentan terhadap paparan kuman penyakit dan mudah terkena flu.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

 

 4. Pelaku bisnis dengan jadwal travel padat

Jam-jam panjang yang dihabiskan di dalam pesawat dengan orang lain--dan kuman-kuman mereka--meningkatkan risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas, atau flu.

5. Petugas penitipan anak

Kontak dekat dengan anak-anak kecil yang meningkatkan risiko. Karena sistem imunitas anak belum lagi terbentuk sempurna, mereka jadi sasaran empuk kuman-kuman yang ada, yang kemudian bisa berpindah pada Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.