Sukses

Jelang Hari HIV/AIDS Sedunia, Kemkes Harap Indonesia Nol Stigma

Untuk memperingati hari HIV-Aids yang jatuh pada 1 Desember mendatang, Kemenkes ajak masyarakat untuk menghapus stigma dan diskriminasi ODHA

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember, nanti menjadi momen untuk menghapus stigma dan diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Hal itu disampaikan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Wiendra Waworuntu dalam acara bertema #UbahHidupLo untuk Indonesia Sehat. Dia mengatakan, untuk dapat mengatasi HIV-AIDS, dibutuhkan kerjasama semua pihak, baik dalam upaya mencegah maupun mengobati.

"Penanggulangan HIV-AIDS di Indonesia menghadapi berbagai macam tantangan yang kompleks, sehingga membutuhkan kerja sama dari semua pihak. Mulai dari cakupan pencegahan dan pengobatan HIV, penguatan kualitas pelayanan kesehatan, regulasi yang tepat dan efektif, juga penghapusan stigma dan diskriminasi," kata dr. Wiendra saat ditemui di acara yang berlangsung pada Senin (27/11/2017) di kawasan Jakarta Pusat.

Dia menjelaskan, untuk mendukung terwujudnya hal tersebut, Kementerian Kesehatan mencanangkan program 3 Zero:

- Zero HIV infection

- Zero stigma

- Zero AIDS related death

"Untuk mendukung terwujudnya program three zero, pemerintah berkomitmen dan fokus pada upaya penggunaan kondom sebagai dual proteksi, perbaikan akses pelayanan kesehatan dan juga penguatan edukasi kepada kalangan berisiko," kata dia.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2030 bebas HIV/AIDS

Juan Enrique Garcia, President Director DKT Indonesia mengungkapkan, penuntasan HIV/AIDS masih terkendala oleh persepsi masyarakat.

"Salah satunya karena kurangnya kesadaran akan pentingnya kesehatan seksual reproduksi. Untuk itu melalui#UbahHidupLo, mari bersama-sama menerapkan hidup sehat, untuk mewujudkan Indonesia sehat, Indonesia bebas HIV-AIDS di tahun 2030," kata Juan.

Sebelumnya, PBB mencanangkan 2030 bebas HIV/AIDS. Pemerintah Indonesia, dalam hal ini berupaya terus menekan angka ODHA baru.

Kendati demikian, saat ini, ada sekitar 36,7 juta orang penderita HIV/AIDS di seluruh dunia. Setiap tahun 2,1 juta orang lagi akan akan terinfeksi, dan setengah dari mereka akan mati. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini