Sukses

4 Masker Wajah Rumahan untuk Kecilkan Pori-Pori Besar

Berikut resep masker dari bahan alami untuk atasi pori-pori besar pada wajah.

Liputan6.com, Jakarta Pori-pori besar pada wajah sering kali membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Untuk menyiasatinya, sebagian orang memilih menutupinya dengan riasan wajah. Padahal, hal ini dapat membuat pori kulit wajah semakin membesar.

Mengutip laman Step to Health, Sabtu (25/11/2017), ada beberapa masker wajah yang dapat membantu mengatasi pori-pori besar sebagai berikut.

1. Losion saga

Daun saga memiliki sifat astringen dan anti-inflamasi. Selain mengurangi ukuran pori-pori, tanaman ini juga bisa membersihkan kotoran dan mencegah jerawat.

Menggunakannya sebagai losion mengurangi minyak berlebih dan sel kulit mati.

Cara membuatnya, tambahkan daun saga ke secangkir air panas. Biarkan selama 15 menit. Kemudian, saring cairan itu dan dinginkan selama dua jam.

Setelah dingin, semprotkan pada kulit Anda atau gosok dengan bola kapas. Gunakan dua kali per hari, setiap hari.

2. Masker tanah liat

Masker ini kaya mineral dan antioksidan. Tanah liat adalah produk kosmetik alami yang selama ini populer sebagai obat untuk melawan minyak kulit berlebih.

Kandungan aktifnya secara alami dapat mengecilkan pori-pori besar. Selain itu, masker ini juga bisa menghilangkan kotoran yang tersisa di dalamnya.

Bahan

2 sendok makan tanah liat

1 sendok makan air mawar

6 sendok makan air hangat

Tuangkan semua bahan ke dalam wadah. Aduk hingga Anda mendapatkan pasta kental.

Oleskan di wajah Anda, terutama di zona T. Biarkan bekerja selama 20 menit. Lalu, bilas dengan air hangat dan ulangi pengobatan dua kali per minggu.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Lulur wajah almond 

Perawatan pengelupasan kulit dengan almond merupakan alternatif untuk melawan pori-pori besar, komedo, dan penumpukan sel kulit mati.

Perawatan ini bisa memberikan nutrisi asam lemak, asam amino, dan antioksidan penting bagi kulit Anda. Ini adalah proses regenerasi kulit.

Bahan

1 sendok makan tepung almond

3 sendok makan madu organik

Cara membuatnya, tuangkan tepung almond ke dalam mangkuk dan campurkan dengan madu sampai Anda mendapatkan pasta kental.

Gosok lembut masker di seluruh wajah Anda dengan gerakan melingkar. Biarkan bekerja selama 20 menit dan kemudian bilas. Gunakan sampai tiga kali per minggu.

 

4. Perawatan sari jeruk dan putih telur

Dengan menggabungkan kulit jeruk dengan putih telur, Anda bisa mendapatkan pengobatan astringen dan pengelupasan kulit. Ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki pori-pori besar.

Bahan

1 butir putih telur

1 sendok teh kulit jeruk

Kocok putih telur dan campurkan dengan bubuk kulit jeruk.

Oleskan wajah dengan masker dan biarkan hingga kering. Bilas kulit Anda dengan air hangat. Ulangi perawatan ini dua kali per minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.