Sukses

Inspiratif, Perjuangan Indro Warkop Berhenti Merokok demi Anak

Liputan6.com, Jakarta Jika ada kesadaran dan kemauan keras, setiap orang pasti bisa berhenti merokok. Hal itulah yang dirasakan oleh Indro Warkop saat dirinya berhenti merokok. Om Indro, begitu dia akrab disapa, memutuskan untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut sejak 20 tahun yang lalu.

Dia mengaku, awalnya berhenti merokok karena asalan yang simpel. Yakni, dia tahu bahwa kebiasaan merokok itu bukan hal yang baik. Selain itu, dia tidak ingin keluarganya menjadi perokok seperti dirinya.

"Dua puluh tahun yang lalu, saya berhenti merokok. Alasannya simpel, saya tahu rokok itu enggak bener. Saya enggak pengin keluarga saya merokok. Meskipun saya lebih dari perokok berat, saya langsung berhenti merokok," kata Indro saat ditemui di acara Breathe for Free di Kemang Village, ditulis Senin (27/11/2017).

Pria yang berprofesi sebagai komedian ini mengaku, ada satu hal yang membekas pada dirinya yang membuat dia memutuskan untuk berhenti merokok. Alasan kuat itu adalah anak perempuannya. Dia teringat kisah 20 tahun lalu. Kala itu, anak perempuannya masih berumur lima tahun.

"Dulu, anak saya waktu umurnya masih lima tahun, dia duduk-duduk di tangga gitu. Dia panggil saya terus bilang, 'Pah potret Pah, potret. Kayah Papah nih'. Itu dia sambil pegang rokok-rokokan," kata Indro sambil menirukan gaya putrinya merokok.

Indro mengaku, kejadian itulah yang membuat dia akhirnya berhenti merokok. "Kata-kata itu tuh, 'kayak Papah', yang bikin saya mikir saya harus berbuat sesuatu dan harus kasih contoh. Ya udah, saya berhenti tuh. Jadi itu bulan puasa, pas Lebaran hari pertama saya berhenti total," kata dia.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

Sakau dan menggigil

Indro mengaku, berhenti merokok memanglah bukan perkara mudah. Dirinya harus melawan efek yang terjadi di tubuhnya saat berhenti merokok.

"Waktu berhenti, saya menggigil, saya sakau. Kayak orang pakai narkobalah. Anehnya, otak saya sadar kalau tubuh saya begitu (karena efek berhenti merokok). Jadi ya, saya lawan aja. Saya mikir ayo siapa yang lebih kuat, saya atau rokok," kata komedian berusia 59 tahun ini.

Indro mengaku, saat itu dia merasakan efek berhenti merokok, yaitu menggigil selama kurang lebih dua minggu. Meski begitu, akhirnya dia berhasil melawan efek yang dirasakan tubuhnya dan berhenti merokok hingga saat ini. Kepada masyarakat, dia mengimbau untuk berhenti merokok agar terhindar dari berbagai penyakit, terutama kanker paru.

"Harapan saya ya masyarakat aware dengan penyakit, terutama kanker paru. Karena setau saya, di Indonesia itu penyebab utama kanker paru itu ya karena merokok," lanjut dia.

Selain berhenti merokok, Indro mengimbau kepada masyarakat untuk peduli kepada orang lain dan tidak merokok di dekat orang yang sakit. "Jangan sampai sudah tahu ada orang sakit, tapi malah merokok di dekatnya. Kadang orang mikir, jauh kok, asapnya ga akan kena, padalah seruangan. Kan itu sama saja," pungkasnya.

Artikel Selanjutnya
Tembus 2 Juta Penonton, Pemain Warkop DKI Reborn Gelar Tumpengan
Artikel Selanjutnya
Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 Tembus 1 Juta Penonton