Sukses

Jokowi Nikmati Lezatnya Durian Medan di Sela-Sela Pesta Adat

Liputan6.com, Jakarta Di sela-sela acara pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Medan, Sumatera Utara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan makan durian. Kali ini dia makan buah yang dijuluki king of fruit alias raja dari segala buah bersama keluarga termasuk sang ibu, Sudjiatmi.

Selain ibu, dalam foto yang diunggah Jokowi di Facebook pribadinya, juga tampak putra pertama Jokowi Gibran Rakabuming Raka bersama istri Selvi Ananda. Ada juga cucu pertama Jokowi, Jan Ethes, yang sedang asyik minum air dalam kemasan ukuran gelas sembari melihat durian yang sudah dibuka.

"Kata orang-orang, kalau ke Medan dan tak makan durian, serasa ada yang kurang. Semalam, saya menikmati lezatnya durian Medan bersama ibu, anak dan cucu," kata Jokowi lewat unggahan status di Facebooknya pada Minggu (26/11/2017).

Kenikmatan durian Medan dengan daging buah yang tebal dan legit memang sudah terkenal ke seantero Indonesia. Salah satu warganet sampai-sampai mengatakan Jokowi bisa ketagihan makan durian Medan. "Mantap pak...awas nagih...," kata Lene Marsinta Tampubolon.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Si Lezat Durian

Durian memang dikenal memiliki cita rasa yang lezat. Bagi yang suka, bisa sampai tergila-gila. Namun bagi yang tidak, mendekat pun ogah.

Selain enak, buah satu ini juga kaya nutrisi. Durian akan potassium, serat, besi, vitamin C dan vitamin B kompleks. King of fruit ini juga dapat meningkatkan kekuatan otot, tekanan darah, pergerakkan saluran cerna dan baik untuk kulit.

"Selain itu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pembentukkan sel darah merah," kata dokter Nadia Octavia mengutip laman Klikdokter, Minggu (26/11/2017).

Apakah benak buah durian bikin kolesterol tinggi? Temukan jawabannya di sini! (Sumber Foto: Instagram.com/@syipcheungkin)

Walau kaya nutrisi, jangan berlebihan mengonsumsi durian. Berlebihan mengonsumsi durian bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

"Jika Anda makan 1 buah durian dengan berat 1 kg, Anda telah memasukkan 1.350 kalori ke dalam tubuh Anda. Itu berarti Anda telah menghabiskan 'jatah' 68 persen dari 2.000 kalori yang direkomendasikan untuk kebutuhan kalori harian orang dewasa. 1 biji durian sendiri (setara 40 g) memiliki 54 kalori," kata Nadia. 

Bagi orang dengan diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi durian. Buah ini memiliki kadar gula tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.