Sukses

Ini Gejala Endometriosis Seperti yang Dialami Zaskia Sungkar

Liputan6.com, Jakarta Artis yang juga desainer Zaskia Sungkar mengungkapkan baru saja menjalani operasi endometriosis. Dia mengatakan, tindakan operasi yang dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia itu berjalan lancar.

"Alhamdulillah aku udh sadar masih recovery after surgery," kata Zaskia Sungkar lewat akun Instagram @zaskiasungkar15 pagi tadi.

Melihat kondisinya, banyak yang penasaran, apa itu endometriosis?

Endometriosis merupakan kondisi tumbuhnya jaringan dinding dalam rahim (endometrium) di tempat yang tidak seharusnya. Diperkirakan endometriosis terjadi sekitar 10-20 persen wanita usia reproduksi.

Umumnya wanita dengan endometriosis memiliki gejala nyeri yang hebat saat menstruasi dan darah menstruasi yang amat banyak.

"Kalau sudah nyeri, banjir saat menstruasi itu perlu dilakukan pemeriksaan. Dikhawatirkan ada endometriosis, untuk itu perlu diperiksa. Konsultasikan ke dokter bila ada gejala klinisnya," kata dokter Caroline Tirtajasa, Sp.OG(K) kepada Liputan6.com beberapa saat lalu.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspadai gejala endometriosis lain

Selain nyeri hebat dan darah menstruasi banyak, wanita dengan endometriosis juga mengalami nyeri saat berhubungan seksual. Selain itu mengalami nyeri panggul menahun, nyeri bokong, nyeri menjalar dari perut bawah ke atas atau belakang.

Endometriosis memang memengaruhi kesuburan wanita tapi bukan berarti halangan untuk bisa hamil. Hal ini diungkapkan oleh dokter spesialis kandungan yang juga ahli bayi tabung Ivan Sini.

"Dengan upaya yang cukup maksimal masih ada peluang memiliki keturunan. Anak itu kan titipan Tuhan kalau memang Tuhan menghendaki penyakit atau kondisi apa pun bukan jadi penghalang," kata dokter Ivan yang berpraktik di RS Bunda Jakarta ini.

Ivan juga mengungkapkan bila endometriosis terjadi akibat gangguan hormonal, bisa diatasi menggunakan obat-obatan pengatur produksi hormon. Jika endometriosis dalam bentuk kista, dapat dilakukan dengan operasi laparoskopi diikuti terapi hormonal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini