Sukses

Sering Diabaikan, Kenali Tanda Sakit Jantung dari Kuku

tanda-tanda sakit jantung yang perlu diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Beberapa dari Anda mungkin banyak yang mengetahui gejala sakit jantung. Namun banyak yang kurang peka pada kondisi tubuh yang bisa menjadi petunjuk sakit jantung.

Berikut tanda-tanda sakit jantung yang perlu diwaspadai, seperti dilansir WebMD, Jumat (24/11/2017):

1. Sleep apnea

Bila Anda mengalami dengkuran dengan napas yang terputus-putus atau kerap dikenal dengan sleep apnea, sebaiknya hati-hati. Hal ini menandakan otak Anda mungkin tidak mendapat cukup oksigen. Sinyal ini membuat pembuluh darah dan jantung bekerja keras agar aliran darah tetap mengalir.

2. Ruam kulit kekuningan

Tingkat trigliserida yang sangat tinggi dapat membuat kulit Anda ruam di sekitar sela-sela jari dan jari kaki. Hal ini menandakan banyaknya lemak dalam darah yang mungkin berperan dalam mengerasnya arteri (pembuluh darah) dan sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Kekuatan tangan melemah

Kekuatan tangan juga bisa memberi tahu Anda tentang kekuatan jantung. Penelitian menunjukkan kemampuan memeras sesuatu berkaitan dengan risiko penyakit jantung.

4. Noda gelap di bawah kuku

Bila ada sedikit titik darah yang terperangkap di bawah kuku, bisa jadi hal ini menunjukkan adanya infeksi pada lapisan jantung atau katup Anda, yang disebut endokarditis.

5. Pusing

Sering pusing bisa merupakan tanda ada sesuatu yang salah dengan jantung Anda. Pusing merupakan kode jantung tidak cukup darah.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Seks bermasalah

Masalah di kamar tidur juga bisa menjadi tanda Anda memiliki penyakit jantung dan risiko stroke. Pria dengan disfungsi ereksi mungkin memiliki masalah sirkulasi darah yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi atau arteri sempit akibat penumpukan kolesterol. Masalah ini juga bisa mengurangi libido wanita dan kemampuan untuk menikmati seks.

7. Perubahan warna kulit

Berubahnya warna kulit di jari-jari tangan dan kaki menjadi kebiruan atau abu-abu bisa berasal dari sirkulasi darah yang buruk. Anda juga mungkin mengalami bercak darah di bawah kulit di bagian dalam tangan dan telapak kaki saat menderita endokarditis (infeksi lapisan dalam jantung).

8. Gusi berdarah

Penelitian menunjukkan, gusi berdarah dapat menyebabkan masalah pada jantung. Satu teorinya adalah, bakteri dari gusi masuk ke dalam aliran darah dan memicu peradangan di lever.

 

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

9. Garis hitam di leher

Anda mungkin menemukan garis hitam yang disebut acanthosis nigricans di lipatan kulit dan lipatan seperti leher, ketiak, dan selangkangan. Kondisi ini bisa membantu mengetahui adanya masalah gula darah dan jantung.

10. Sesak napas

Sesak napas bisa menjadi gejala gagal jantung, irama jantung abnormal, atau serangan jantung. Beritahu dokter jika Anda sulit bernapas saat berbaring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.