Sukses

Zaskia Sungkar Jalani Operasi Endometriosis dan Fibroid, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta Artis sekaligus desainer Zaskia Sungkar baru saja menjalani operasi di Kuala Lumpur, Malaysia. Istri Irwansyah ini mengungkapkan, dia menjalani tindakan operasi di bagian organ reproduksi yakni endometriosis dan fibroid.

"Alhamdulillah operasi untuk endometriosis dan fibroid lancar , Doain supaya aku bisa cepet jalan dan pulang kerumah," ungkap Zaskia Sungkar dalam akun Instagram @zaskiasungkar15.

Irwansyah minta doa kelancaran operasi Zaskia Sungkar. (Instagram/irwansyah_15)

Sudah banyak orang mendengar kata endometriosis, tapi jarang orang tahu fibroid. Gangguan kesehatan apakah itu yang dialami Zaskia?

Endometriosis adalah kondisi adanya jaringan endometrium (dinding dalam rahim) di tempat yang tidak seharusnya. Pada kasus ini, jaringan endometrium ada di indung telur, otot rahim, selaput dinding panggul dan organ lainnya seperti diterangkan konsultan fertilitas dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG(K) kepada Liputan6.com beberapa saat lalu.

Wanita dengan endometriosis ditandai dengan rasa nyeri yang hebat saat haid. Lalu, darah menstruasi yang banyak dan bisa juga nyeri ketika berhubungan seksual.

Walau seorang wanita punya kondisi endometriosis, dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Bunda Menteng Ivan Sini mengatakan masih ada peluang untuk hamil.

"Konsultasikan dengan dokter kandungan dan lakukan pemeriksaan atau skrining. Jika endometriosis terjadi akibat gangguan hormonal, bisa disembuhkan menggunakan obat-obatan pengatur produksi hormon. Jika endometriosis dalam bentuk kista, dapat dilakukan dengan operasi laparoskopi diikuti terapi hormonal," kata Ivan beberapa saat lalu.

Semoga saja, usai operasi ini keinginan Zaskia Sungkar bisa terwujud, ya. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

1 dari 2 halaman

Fibroid, tumor jinak dalam rahim

Zaskia Sungkar juga mengatakan dia menjalani operasi fibroid. Ini adalah tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim. Di dunia medis dikenal sebagai leiomyoma atau myoma uterus.

Mengutip laman Klikdokter, Jumat (24/11/2017) fibroid berasal dari sel otot polos rahim dan pada beberapa kasus berasal dari otot polos pembuluh darah rahim. Fibroid muncul pada sekitar 20 persen wanita usia produktif atau subur. Biasanya ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaaan rutin.

Setelah menopause, mioma ini akan mengecil karena adanya penurunan kadar esterogen di dalam tubuh.Penelitian menyatakan 50 persen wanita yang sudah mengalami operasi miom dapat hamil. Bila haid teratur pasca operasi kemungkinan hamil tetap ada.

Artikel Selanjutnya
Sandra Dewi Punya Kekhawatiran tentang Janinnya
Artikel Selanjutnya
Zaskia Mecca Antusias Sambut Anak Haykal Kamil