Sukses

5 Cara Kece Hindari Masalah Lambung

Lambung bermasalah? Ayo kita mulai perbaiki gaya hidup dan pilih makanan yang menyehatkan. Simak artikelnya segera yuk.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya masalah ginjal yang harus diwaspadai, lambung kita pun juga harus dimonitor agar selalu sehat. Faktor sepele yang bisa memengaruhi kesehatan lambung adalah pilihan makanan dan gaya hidup sehari-hari. Kesehatan lambung sangat berdampak pada sistem pencernaan secara keseluruhan pada tubuh. 

Bagaimana kiat agar terhindar dari masalah lambung? Perbanyak deh minum air putih, mengonsumsi serat, dan rutin berolahraga. Ketika kita bijak dalam mengelola kesehatan lambung, maka sistem pencernaan pada lambung akan berfungsi lebih efisien.

Mau tahu tips menghindari masalah pada lambung? Berikut tipsnya, seperti dilansir dari KlikDokter Jumat (24/11/2017).

1. Hindari stres

Ketika pikiran stres, lambung juga ikutan linglung. Stres memang suka datang tanpa rencana, untuk itu Anda wajib mengelola stres dengan baik agar tidak menyerang ke pencernaan. Saat seseorang dalam keadaan stres, bisa saja mengalami perasaan yang tidak nyaman pada bagian perutnya. Hal tersebut terjadi karena perasaan cemas dan khawatir bisa mengganggu keseimbangan pencernaan.

Pada beberapa orang hal tersebut dapat memperlambat pencernaan, menyebabkan kembung, nyeri perut dan sembelit. Sementara itu, pada beberapa orang lainnya bisa menyebabkan diare. Selain itu, stres juga bisa menurunkan atau bahkan menghilangkan nafsu makan seseorang.

Stres juga bisa memperburuk kondisi pencernaan seperti tukak lambung, irritable bowel syndrome, dan kolitis ulserativa.

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jaga pencernaan

Menjaga makanan adalah salah satu upaya menyiasati lambung agar tetap sehat. Bagaimana caranya? Pertama, jangan terburu-buru saat makan. Luangkan waktu untuk makan secara perlahan. Kedua, jangan makan berlebihan. Kurangi porsi pada saat makan, atau ganti tiga porsi besar dengan 4-5 porsi kecil. Ketiga, makan dengan teratur dan jangan pernah abaikan waktu makan. Keempat, hindari makan makanan besar sebelum tidur. Kalau bisa makan makanan terakhir setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur. Kelima, perbanyak minum air putih, setidaknya dua liter per hari. 

3. Makanan tinggi serat

Bagaimana mendapatkannya? Makanan kaya serat paling banyak terkandung dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan tinggi serat tersebut dapat meningkatkan kesehatan lambung. Diet tinggi serat membantu untuk menjaga makanan bergerak melalui saluran pencernaan, sehingga kemungkinan untuk terjadinya sembelit akan berkurang.

Selain itu, diet tinggi serat juga dapat membantu mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti tukak lambung, divertikulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar. Makanan tinggi serat juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

 

3 dari 3 halaman

4. Hindari minuman bersoda, kafein, dan alkohol

Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi minuman yang mengandung soda, kafein dan alkohol yang berlebihan dapat mengganggu fungsi dari sistem pencernaan, dan menyebabkan masalah seperti meningkatkan produksi asam lambung yang dapat menyebabkan sakit maag dan bisa juga terjadi heartburn (sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan).

5. Berolahraga secara teratur

Olahraga yang teratur akan membantu menjaga makanan bergerak melalui sistem pencernaan dan juga dapat mengurangi sembelit. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat, yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Jadi mulai yuk olahraga sejak sekarang, minimal selama 30 menit saja kok. Coba bikin jadwal untuk melakukannya 3 kali dalam sepekan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.