Sukses

Camilan Lezat untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Hipotensi atau tekanan darah bisa diatasi dengan berbagai makanan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Orang yang mengalami tekanan darah rendah disebut sebagai pasien hipotensi. Pada kondisi ini, sebaiknya tekanan darah dinaikkan ke batas tekanan darah normal, jika tidak pasien bisa mudah pingsan.

Menurut laman Step to Health, Jumat (24/11/2017), bila seseorang memiliki tekanan darah lebih dari 140/90, itu dianggap hipertensi. Sebaliknya, jika tekanan darah mereka 100 di atas 60, mereka inilah yang terkena hipotensi.

Untuk menaikkan tekanan darah ke level normal, seringkali seseorang menambah asupan garam. Namun, tak hanya garam yang mampu menaikkan tekanan darah.

Beberapa makanan lainnya juga bisa membuat tekanan darah meningkat dengan mudah. Misalnya kacang, seperti kenari, kacang almond, dan hazelnut. Kacang-kacangan adalah sumber vitamin B yang sangat baik, nutrisi penting untuk menjaga tekanan darah seimbang.

Selain itu, berikut ini beberapa jenis makanan yang juga bisa menaikkan tekanan darah.

1. Kopi dan teh

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Untuk orang yang mengalami hipotensi, disarankan untuk minum dua cangkir kopi sehari untuk meningkatkan tekanan darah dan menjaganya tetap normal.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Cokelat

Cokelat mengandung theobromine yang dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Bagi pasien hipotensi, cara terbaik menaikkan tekanan darah dengan cokelat adalah dengan makan dua potongan cokelat pekat atau dark cokelat pada pagi hari.

Dark cokelat mengandung lemak lebih sedikit dibandingkan cokelat susu atau milk cokelat dan hal ini baik bagi tubuh.

3. Daging

Daging adalah pilihan lainnya jika Anda terkena hipotensi. Namun, konsumsi daging tetap harus dibatasi karena mengandung lemak tinggi. Hal ini dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol.

Cara terbaik konsumsi daging untuk meningkatkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsinya dua kali dalam seminggu.

4. Garam

Garam adalah bahan makanan yang paling efektif untuk meningkatkan tekanan darah. Tambahkan beberapa jumput garam ke dalam makanan sehari-hari untuk menaikkan tekanan darah. Namun jika tekanan darah sudah normal, kurangi konsumsinya agar tekanan darah tidak terus meingkat dan justru menyebabkan hipertensi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.