Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Atasi Sendiri Gatal Vagina dengan Cara Mudah Ini

Saat mengalami gatal vagina, ada cara-cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Semua wanita pasti pernah mengalami gatal vagina. Terkadang, rasa gatal di area kewanitaan ini hilang sendiri dalam waktu singkat. Tapi bisa juga, mereka terus ada sehingga rasanya bak mimpi buruk.

"Gatal vagina sangat-sangat umum, tapi ada perbedaan besar antara sedikit gatal dengan gatal yang bikin Anda sampai terjaga semalaman karena tidak tahan," ujar Lauren Streicher, M.D, profesor bidang kebidanan dan kandungan klinis di Northwestern University Feinberg School of Medicine, melansir Women's Health, Kamis (23/11/2017).

Sebagai catatan, jika Anda mengalami rasa gatal vagina yang tak tertahankan, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Jika ditemukan ruam atau lepuhan, hal itu bisa jadi tanda penyakit menular seksual (PMS), ujar Streicher.

Kutu vagina juga bisa menyebabkan rasa gatal luar biasa, yang harus diobati dengan obat yang diresepkan dokter, ujar Jonathan Schaffir, MD, dokter spesialis kandungan di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Namun jika Anda sudah mengunjungi dokter dan diberitahu kalau gatal di vagina hanya karena iritasi, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa membantu mengatasinya.

Walau memang, ada berbagai hal yang bisa menyebabkan gatal vagina, dan cara mengatasinya juga berbeda. Namun tetap saja, cara-cara rumahan di bawah ini bisa membantu: 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Cek sabun Anda

Vulva adalah area sensitif dan beberapa sabun, terutama yang memiliki aroma wangi, bisa membuat Anda gatal di bawah sana, ungkap Schaffir.

Cobalah beralih pada sabun hypoallergenic seperti Cetaphil, dan lihat hasilnya.

"Terkadang dengan menyingkirkan produk tertentu bisa memberikan efek yang jauh berbeda," lanjut Streicher.

2. Periksa pembalut

Beberapa wanita mengalami reaksi alergi akibat pembalut, yang bisa memicu kasus gatal yang serius. Ini karena beberapa pembalut menstruasi mengandung pewangi yang bisa menyebabkan iritasi, ujar Schaffir.

Jika Anda merasa gatal pada periode menstruasi, berhenti menggunakan pembalut tersebut, dan cobalah beralih ke merk lain, yang tidak mengandung pewangi. Hal ini bisa menghilangkan gatal dengan cepat.

3 dari 3 halaman

3. Beli krim Vagisil

Krim Vagisil memang dirancang untuk membantu mengatasi gatal vagina dan menenangkan area kewanitaan Anda.

Cara kerjanya adalah dengan membentuk lapisan pelindung di atas kulit, sehingga Anda merasa lebih nyaman dan melindungi Anda dari iritasi lanjutan.

Gunakan krim ini untuk rasa gatal yang disebabkan oleh penggunaan antibiotik atau keputihan.

4. Gunakan krim untuk infeksi jamur

Banyak wanita mengasumsikan mereka memiliki infeksi jamur setiap kali mengalami gatal vagina. Padahal kenyataannya tidak selalu karena itu, ujar Streicher.

Tapi tetap saja, jika Anda pernah mengalami infeksi jamur sebelumnya, dan tahu apa yang Anda hadapi sekarang, krim infeksi jamur yang dijual bebas di apotik bisa digunakan.

Perlu diingat juga, Anda juga bisa mengalami infeksi jamur pada vulva, dan ada krim juga untuk masalah ini.

Penting untuk diingat, walau beberapa cara dan obat di atas bisa jadi solusi sementara untuk gatal vagina, jika masalah terus berlangsung, segera temui dokter untuk diperiksa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.