Sukses

Kaki dan Tangan Berkeringat Berlebihan? Ini Penyebabnya

Anda yang bertanya-tanya kenapa keringat berlebihan, bisa saja mengalami hiperhidrosis.

Liputan6.com, Jakarta Tangan berkeringat saat gugup itu normal. Tapi, kalau keringat di tangan sampai basah kuyup itu yang bisa mengganggu. Kondisi ini dikenal dengan hiperhidrosis.

Berkeringat itu hal yang baik, cara tubuh mendinginkan diri untuk mencegah kepanasan. Hal itu disebut dengan thermoregulation. Tapi saat mengalami hiperhidrosis, kelenjar keringat mendapat pesan dari sistem saraf untuk mengalami overdrive.

"Kelenjar keringat itu sendiri normal, tapi hiperaktif," kata Joyce Fox, M.D., seorang profesor klinis dermatologi di University of Southern California dan dermatolog di Cedars-Sinai, melansir laman Self, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya hiperhidrosis merupakan respons berlebihan terhadap tekanan emosional yang normal.

Anda yang bertanya-tanya kenapa keringat berlebihan, bisa saja mengalami hiperhidrosis.

"Pada beberapa orang mungkin lebih banyak empat sampai lima kali dari keringat normal," kata Marlyanne Pol-Rodriguez, M.D., ahli dermatologis dan ahli hiperhidrosis di Stanford Health Care.

Ada jutaan orang yang mengalami hiperhidrosis. American Academy of Dermatology (AAD) memperkirakan 3 persen populasi Amerika Serikat berkeringat berlebihan.

Jadi, apa bedanya antara tangan dan kaki berkeringat biasa versus hiperhidrosis?

Menurut Mayo Clinic, faktor-faktor seperti panas dan olahraga dapat menyebabkan keringat biasa, namun keringat berlebihan pada hiperhidrosis bisa terjadi tanpa adanya pemicu. 

 

Saksikan juga video berikut ini:  

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam Keringat Berlebih

Sebenarnya ada dua jenis hiperhidrosis, yakni primer dan sekunder. Hiperhidrosis primer berkeringat berlebihan yang tidak dapat dihubungkan ke hal lain, seperti kondisi kesehatan atau pengobatan lain.

Inilah tanda-tanda hiperhidrosis primer, menurut AAD:

1. Anda berkeringat hanya di beberapa area tubuh, seperti kening, ketiak, atau telapak tangan dan telapak kaki Anda (ini dikenal sebagai hiperidrosis palmoplantar).

2. Anda berkeringat di kedua sisi tubuh Anda.

3. Anda biasanya tidak berkeringat berlebihan saat tidur.

4. Anda mengalami episode berkeringat berlebihan setidaknya seminggu sekali.

5. Anda pertama kali mengalami keringat berlebihan ini di masa kanak-kanak atau remaja.

Berkeringat yang berlebihan mungkin juga hiperhidrosis sekunder, yang biasanya disebabkan oleh kondisi medis seperti diabetes atau menopause. Ini juga bisa menjadi efek samping dari obat yang Anda minum.

 

3 dari 4 halaman

Gejala hiperhidrosis sekunder

Berikut adalah gejala hiperhidrosis sekunder, menurut AAD:

1. Anda berkeringat di area tubuh yang lebih besar, atau kadang-kadang bahkan di seluruh tempat.

2. Anda banyak berkeringat saat Anda tidur.

3. Anda pertama kali mengalami keringat berlebihan di masa dewasa ini.

Selain menjadi sangat tidak nyaman, keringat berlebihan juga bisa memiliki efek fisik dan mental.

Hiperhidrosis dapat memiliki konsekuensi sosial, emosional, dan bahkan memengaruhi profesional seperti jika Anda berjabat tangan di tempat kerja dan tangan Anda berkeringat.

"Itu bisa membuat orang sadar diri dan lebih gugup," kata Dr Fox.

Sementara Dr. Pol-Rodriguez mengatakan pasien yang menderita hiperhidrosis mungkin mengalami masalah psikologis termasuk depresi, isolasi sosial, dan penurunan kepercayaan diri. Dan hiperhidrosis bisa membahayakan kulit Anda.

"Berkeringat berlebihan pada kulit dapat menyebabkan iritasi kulit, infeksi, dan kerusakan kulit," kata Dr. Pol-Rodriguez.

Apabila Anda mengalami keringat berlebihan berbulan-bulan, cobalah berkonsultasi dengan dokter.

"Anda harus menemui dokter Anda jika Anda telah mengalami keringat berlebihan selama lebih dari enam bulan, jika keringat Anda cukup parah sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari, jika keringat Anda digeneralisasi di area tubuh Anda yang besar, atau jika Anda mengalami malam yang berkeringat, "kata Dr. Pol-Rodriguez.

4 dari 4 halaman

Strategi hentikan keringat

Ada beberapa strategi yang direkomendasikan dokter yang bisa memperlambat atau menghentikan keringat.

"Antiperspirant topikal adalah pengobatan pertama untuk semua jenis hiperhidrosis," catat Dr. Pol-Rodriguez.

Kini sudah tersedia berbagai macam antiperspirant. Antiperspirant over-the-counter yang lebih kuat biasanya diberi label 'kekuatan klinis', yang berarti mereka memiliki kadar bahan aktif lebih tinggi daripada antiperspirant OTC lainnya.

Ada juga semprotan antiperspirant dan tisu, yang bisa digunakan pada kaki, tangan, dan wajah Anda. Pastikan untuk membaca petunjuk produk untuk hasil terbaik.

Jika antiperspirant terkuat tidak dapat menghilangkan keringat berlebihan, pilihan lain termasuk obat oral, suntikan Botox, iontophoresis (di mana Anda meletakkan tangan atau kaki Anda di air sementara perangkat listrik mengirimkan arus listrik tegangan rendah ke dalam air untuk mematikan kelenjar keringat), dan pengangkatan kelenjar keringat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.