Sukses

Kesederhanaan Kahiyang Ayu, Turunan dari Siapa?

Liputan6.com, Jakarta Sejak menjalani prosesi pernikahan hingga ngunduh mantu, Kahiyang Ayu terus menjadi sorotan. Kesederhanaannya tak jarang membuat warganet terheran.

Mulai dari pesta pernikahan yang terbilang sederhana, hingga tata rias yang natural tak seperti pengantin kebanyakan. Perilaku sederhana putri semata wayang Presiden Jokowi ini harusnya tidak mengangetkan, mengingat sang ibu, Iriana Jokowi, juga terkenal sebagai Ibu Negara yang sederhana.

Lantas, apakah sifat sederhana Kahiyang tersebut tercermin dari ibunya?

Mengutip laman Scientific American, sebuah studi ternyata pernah meneliti seberapa jauh sifat seorang ibu yang diturunkan ke anak perempuannya.

"Struktur otak dan gangguan mood diturunkan secara genetis dari ibu ke anak perempuan," tulis periset dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Neuroscience.

Dalam studi tersebut, periset menganalisis 35 keluarga dan menilai sistem kortikolimbik otak yang berhubungan dengan pengelolaan emosi dalam berpikir dan bertindak. Dan hasilnya, sesuai prediksi ilmuwan.

"Peran genetika dalam gangguan mood termasuk pola tingkah laku anak saling terhubung antara ibu dan anak perempuannya," kata penulis utama Fumiko Hoeft, seorang profesor psikiatri di University of California, San Francisco.

Berdasarkan penelitian ini, rupanya kesederhanaan Kahiyang Ayu memang diturunkan dari sang Ibu.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Kesederhanaan ibu Iriana

Istri presiden Joko Widodo ini memang selalu menjadi sorotan warganet. Bukan karena dandanannya yang menor atau sanggul tinggi ala ibu pejabat lain, melainkan karena kesederhanaannya.

Beberapa waktu lalu misalnya, ibu Iriana tertangkap kamera sedang menunggu pesawat di ruang tunggu bersama penumpang lain, bukan di ruang khusus atau VIP.

 

Dalam kesempatan lain, ibu Iriana juga tampil sederhana di vlog YouTube putra bungsunya, Kaesang. Tanpa riasan atau berdandan rapi, Iriana terlihat hanya mengenakan kemeja pink.