Sukses

5 Cara Pertahankan Hubungan Usai Pasangan Selingkuh

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini, perselingkuhan masih marak terjadi. Sering kali perselingkuhan membuat hubungan percintaan menjadi hancur. Namun, ada pula pasangan yang mau memaafkan dan kembali merajut kasih.

Menurut laman Your Tango, Rabu (22/11/2017), ada banyak hal yang dapat dilakukan jika Anda dan pasangan ingin rujuk meski salah satu dari Anda pernah berselingkuh. Ahli percintaan Susan Heitler membagikan tips berikut.

1. Ingat kebaikan pasangan

Tidak peduli betapa besar dia menyakiti Anda, selalu ada cara jika Anda dan pasangan ingin mempertahankan hubungan.

Namun, jika Anda merasa dikuasai pengkhianatan dan keputusasaan, luangkan waktu sejenak untuk mengingat perjuangan Anda dan pasangan serta hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup Anda. Tentu saja, untuk memperbaiki hubungan, orang yang berselingkuh harus mengakui kesalahan dan berjanji tidak mengulanginya lagi.

2. Atasi rasa sakit hati

Saat mengalami patah hati, seseorang cenderung menyalahkan, menyendiri, melawan, dan sulit melupakan. Cobalah untuk rileks dan mencari bantuan konseling jika memang dibutuhkan.

Jika Anda bisa mengatasinya, Anda akan terkejut dengan apa yang mungkin terjadi. Anda bisa belajar lebih dewasa dan hal ini menjadi pelajaran berharga bagi Anda dan pasangan. Selain itu, hubungan Anda akan menjadi lebih kuat jika Anda benar-benar memaafkan dan dia benar-benar menyesalinya. 

 

Saksikan video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Perbaiki keintiman

Perselingkuhan dapat terjadi akibat banyak faktor, seperti kurangnya keintiman dan kebutuhan psikologis yang tidak terpenuhi.

Saat Anda memutuskan memaafkannya dan kembali merajut kasih, Anda harus belajar bagaimana menjadi lebih intim secara emosional. Keintiman emosional ini bisa dilakukan dengan menghabiskan waktu bersama, berkomunikasi dan banyak hal lainnya.

4. Menetapkan visi masa depan

Salah satu cara agar bisa pulih dari perselingkuhan pasangan adalah dengan mengingat kembali kisah pertama kali bertemu atau menikah. Selain itu, penting juga mengingat mengenai tujuan yang dulu hendak dicapai melalui hubungan pernikahan.

Agar lebih baik ke depannya, lakukan evaluasi dan tetapkan tujuan apa yang hendak dicapai ke depannya. Dengan motivasi yang kuat, hubungan yang hancur pun dapat diperbaiki.

5. Jangan minder

Mengetahui pasangan berselingkuh memang sangat menyakitkan. Apalagi jika selingkuhannya secara fisik memiliki paras yang lebih baik dari Anda. Namun, Anda perlu camkan bahwa meskipun dia lebih cantik, tapi Anda jauh lebih terhormat dari dia.

Namun, sebelum melakukan langkah di atas, sebaiknya Anda memikirkan matang-matang sebelum memutuskan untuk kembali merajut kasih setelah mendapati pasangan berselingkuh. Pastikan bahwa dia tidak akan mengulanginya lagi dan pantas mendapatkan kesempatan kedua.

Artikel Selanjutnya
Tips Hindari Pertengkaran Pasangan agar Tak Berujung Pembunuhan
Artikel Selanjutnya
Alasan Pasangan Baru Pacaran Langsung Nikah seperti Raisa-Hamish