Sukses

Makan Kimchi Bisa Bikin Kulit Mulus Bebas Noda

Liputan6.com, Jakarta Rahasia kulit cantik perempuan Korea bukan hanya pada produk perawatan kecantikan mereka yang paripurna, tapi juga makanan yang diasup. Kimchi, fermentasi sayuran khas Korea yang sangat ikonik itu jadi salah satu resep cantik wanita-wanita negeri ginseng.

Makanan yang difermentasi seperti kimchi, sauerkraut dan kefir bisa meremajakan kulit. "Mengonsumsi makanan-makanan tersebut membantu meremajakan dan membuat kulit lebih bersih dari dalam sehingga tampak berkilau di luar," ujar Carla Oates, founder brand wellness The Beauty Chef dan kolumnis kecantikan natural asal Australia.

Mengutip laman Femalemag, Rabu (22/11/2017), rahasianya terletak pada keragaman probiotik dalam makanan yang difermentasi, meski belum banyak riset ilmiah mengenai dampak makanan fermentasi bagi kulit.

Namun, ahli diet Bonnie Lau dari pusat pelatihan kelebihan berat badan dan diabetes Glycoleap, memiliki pendapat yang kurang lebih serupa dengan Carla Oates. "Makanan yang difermentasi diyakini secara khusus mungkin bisa bermanfaat bagi kulit melalui kandungan probiotik yang bisa memperbaiki kondisi mikrobiome pencernaan. Sistem imun dan respon yang baik dari tubuh bisa memberi manfaat bagi kulit," jelasnya. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Studi efek kimchi bagi kulit

Salah satu studi yang membahas mengenai manfaat kimchi bagi kulit dilakukan pada 2012. Studi tersebut menyatakan, bakteri baik yang terkandung di kimchi tak hanya menyehatkan pencernaan melainkan juga meningkatkan produksi hyalluronic acid (asam hialuronat, polisakarida yang menyusun jaringan ikat), zat yang berfungsi melembapkan kulit yang bisa ditemukan di sebagian besar krim kecantikan.

Studi yang dimuat dalam Medical Journals Limited itu menemukan, orang dewasa yang mengonsumsi pola makan tradisional Korea (termasuk mengonsumsi kimchi) selama 10 minggu menunjukkan perbaikan klinis yang signifikan pada lesi jerawat non-peradangan maupun dengan peradangan. Hasilnya, keseluruhan peradangan itu berkurang hingga 50 persen, tulis laman Herworldplus.

Bagaimana, tertarik untuk mulai mengonsumsi kimchi agar kulit jadi lebih mulus dan bersih?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.