Sukses

Masyarakat di Sekitar Gunung Agung Diimbau Gunakan Masker

Masyarakat sekitar Gunung Agung diimbau menggunakan masker dan penutup mata.

Liputan6.com, Jakarta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengimbau masyarakat sekitar Gunung Agung untuk menggunakan masker dan penutup mata.

"Mengingat adanya potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan akut (ISPA) pada manusia maka diharapkan seluruh masyarakat, utamanya yang bermukim di sekitar G. Agung maupun di Pulau Bali, segera menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun pelindung mata sebagai upaya antisipasi potensi bahaya abu vulkanik," ujar Kepala PVMBG, Kasbani melalui pesan singkat, Selasa (21/11/2017).

Menurut Kasbani, letusan Gunung Agung terjadi pada pukul 17:05 WITA. Asap teramati bertekanan sedang dengan warna kelabu tebal dan dengan ketinggian maksimum sekitar 700 m di atas puncak.

Abu letusan bertiup lemah ke arah Timur-Tenggara. Letusan masih terus berlangsung. Masyarakat diimbau tetap tenang namun agar senantiasa mengikuti rekomendasi PVMBG dalam Status Level III (Siaga).

 

Simak video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspadai ISPA

September lalu, warga korban terdampak erupsi Gunung Agung di Bali, mulai terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Infeksi itu kebanyakan menyerang anak-anak.

Kementerian Kesehatan sebelumnya menyatakan, paparan abu vulkanik dalam jangka pendek bisa menyebabkan sesak serta infeksi saluran napas (ISPA). 

Mengutip laman Carleton.edu, menghirup abu vulkanik bisa sangat fatal bagi kesehatan manusia, karena kandungan aerosol dan gas beracun pembentuknya.

Efek kesehatan akibat abu vulkanik termasuk: gangguan pernapasan, gangguan penglihatan, dan iritasi kulit.

1. Simtom gangguan pernapasan (jangka pendek)

- Hidung berair- Tenggorokan sakit/batuk-batuk- Sesak napas- Kemungkinan bronkitis

2. Simtom gangguan penglihatan (jangka pendek)

- Mata gatal dan merah- Abrasi kornea atau goresan (bisa menyebabkan konjunctivitis)- Robekan

Salah satu efek jangka panjang dari paparan abu vulkanik adalah silicosis. Silicosis adalah penyakit yang menyebabkan kerusakan dan bercak pada paru-paru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.