Sukses

Kiat Tetap Aman Selama Gunung Agung Meletus

Gunung Agung meletus. Berikut kiat yang bisa Anda lakukan untuk tetap aman.

Liputan6.com, Jakarta Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, meletus sejak pukul 17.05 Wita. Meski belum ada lonjakan gempa, namun Kepala Pusat Data Infornasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho meminta warga untuk tetap tenang.

Mengutip laman Komite Internasional Palang Merah (ICRC), berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan selama erupsi gunung berapi:

- Dengarkan terus perkembangan pergerakan gunung berapi untuk dapatkan informasi darurat terkini dan petunjuknya. Pejabat lokal akan memberikan saran untuk situasi khusus Anda.

- Ikuti perintah evakuasi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang, dan meskipun kelihatannya aman untuk tinggal di rumah dan menunggu letusan, jika Anda berada dalam zona bahaya, hal itu bisa sangat berbahaya.

- Jika Anda berada di dalam ruangan, tutup semua jendela, pintu agar abu vulkanik tidak masuk.

- Letakkan semua mesin di dalam garasi atau gudang untuk melindunginya dari abu vulkanik. Jika bangunan tidak tersedia, tutuplah mesin dengan terpal besar.

- Bawa hewan dan ternak ke tempat penampungan tertutup untuk melindungi mereka dari hirupan abu vulkanik.

 

Saksikan video berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Anda berada di luar rumah

- Carilah tempat berlindung

- Tetap berada di zona terbatas yang ditentukan sebab efek letusan gunung berapi bisa dialami beberapa mil dari gunung berapi.- Hindari daerah dataran rendah, daerah yang mengarah ke gunung berapi, dan lembah sungai di hilir gunung berapi. Puing dan abu akan terbawa angin dan gravitasi.

Jika Anda berada di sekitar gunung sebaiknya:

1. Kenakan masker debu yang dirancang untuk melindungi diri dari risiko iritasi paru.

2. Lindungi mata Anda dengan memakai kacamata. Kenakan kacamata, bukan lensa kontak.

3. Jaga agar kulit Anda tertutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Agung berpotensi meletus, saat ini statusnya meningkat ke Level IV atau tertinggi, menandakan erupsi kemungkinan besar akan terjadi.
    Gunung Agung berpotensi meletus, saat ini statusnya meningkat ke Level IV atau tertinggi, menandakan erupsi kemungkinan besar akan terjadi.

    Gunung Agung Meletus