Sukses

Tersemat Doa di Upacara Upa-Upa Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Selasa (21/11/2017), putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, resmi mendapat marga Siregar dari pernikahannya dengan pria berdarah Batak, Bobby Nasution. Pemberian marga, yang biasa disebut mangalehan marga dalam adat Mandailing ini, dilaksanakan di kediaman paman Bobby, Doli Sinomba Siregar.

Saat prosesi pemberian marga tersebut, Kahiyang Ayu tampak cantik dan segar dalam balutan kebaya bernuansa pink. Usai resmi menyandang marga Siregar, Kahiyang Ayu dan Bobby pun menjalani rangkaian upacara adat selanjutnya yang disebut upa-upa.

Mengutip berbagai sumber, upa-upa merupakan budaya khas Tapanuli yang bermakna pemberian doa. Tak tertutup hanya pada acara pernikahan, upa-upa biasa dilakukan dalam beberapa kesempatan semisal saat seseorang dikhitan, selamat dari bencana, sembuh dari sakit, serta ketika hajatnya telah tercapai.

Untuk Kahiyang Ayu dan Bobby, upa-upa jadi tanda bahwa putri semata wayang Jokowi itu telah diterima oleh marga Siregar. Upa-upa juga menjadi doa agar kedua mempelai mendapat keberkahan dalam menjalani bahtera rumah tangga, menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Serta doa agar keduanya mendapat keturunan yang soleh dan solehah. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 2 halaman

Simbol doa dalam sajian khas

Simbol doa tersebut biasanya juga tampak dalam hidangan menu yang tersaji. Misalnya, ikan mas yang dimasak dengan bumbu spesial yang dikenal dengan arsik akan dipilih yang berasal dari perairan jernih dan memiliki banyak anak. Ini menjadi simbol agar keluarga baru tersebut memiliki keturunan yang banyak.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, ada pula sajian berbahan kepala kambing lengkap dengan anggota wajah seperti mata dan lainnya. Ini menjadi simbol selamat datang bagi Kahiyang yang melengkapi hidup keluarga Siregar serta istri Bobby Nasution.

Saat upacara upa-upa ini, salah seorang paman Bobby menyampaikan harapannya, "Bobby dimohon untuk membimbing istrinya." Dan nantinya pun Kahiyang diyakini akan dengan sendirinya mengenal masing-masing anggota keluarga besar Bobby yang terdiri dari tulang, boru, dan saudara-saudara lainnya.