Sukses

Sebelum Meninggal, Gitaris AC/DC Malcolm Young Terkena Demensia

Liputan6.com, Jakarta Gitaris yang juga pendiri band rok AC/DC, Malcolm Young, meninggal dunia di usia 64. Sebelum meninggal pada Sabtu, 19 November 2017 dia berjuang melawan demensia.

"Ini adalah duka yang sangat mendalam, kami menginformasikan kepada Anda kepergian Malcolm Young untuk selama-lamanya, sebagai suami tercinta, ayah, kakek dan saudara laki-laki. Malcolm berjuang dengan penyakit demensia selama beberapa tahun terakhir dan meninggal dunia dengan damai bersama keluarga di sampingnya," seperti tertulis di akun laman Facebook dan website resmi AC/DC mengutip The Globe and Mail, Senin (20/11/2017).

Malcolm Young (news.com.au)

Ya, tepatnya tiga tahun lalu, tepatnya di September 2014, Malcolm mengumumkan keluar dari band AC/DC secara permanen karena demensia.

Demensia adalah sekelompok gejala yang mempengaruhi memori, berpikir dan kemampuan sosial yang bisa untuk mengganggu aktivitas sehari-hari. Walaupun demensia menyebabkan seseorang jadi lupa ingatan, tapi orang yang lupa ingatan belum tentu demensia.

 

 Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gejala demensia

Demensia terjadi karena ada kerusakan sel saraf di otak. Itu sebabnya pengaruh demensia antara satu dengan yang lain berbeda, tergantung daerah otak terdampak seperti mengutip Mayo Clinic, Senin (20/11/2017).

Gejala orang demensia amat bervariasi, tapi ada beberapa yang umum yakni:

A. Perubahan kognitif

- Lupa ingatan, biasanya disadari oleh pasangan atau orang terdekat

- Kesulitan berkomunikasi atau mengingat kata-kata

- Kesulitan menemukan alasan atau menyelesaikan masalah

- Kesulitan mengerjakan banyak hal

- Kesulitan merencanakan atau merapikan sesuatu

- Kesulitan koordinasi dan fungsi motorik

- Kebingungan dan disorientasi

 

B. Perubahan psikologis

- Perubahan kepribadian

- Depresi

- Cemas

- Halusinasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini