Sukses

Obati Cemas Hingga Diabetes, Ini Ragam Manfaat Daun Mangga

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu mangga? Buah yang berbentuk lonjong atau oval itu memiliki rasa yang manis saat sudah matang. Buah tropis ini kaya akanVitamin A dan C, serta mineral seperti tembaga, potassium dan bahkan magnesium. Tapi, siapa yang sangka ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari daunnya.

Daun mangga awalnya berwarna kemerahan atau hijau, kemudian setelah beberapa lama, ini biasanya berubah menjadi hijau tua.

Daun mangga ini mengandung Vitamin A, B dan C dan juga mengandung flavonoid, antioksidan, dan juga fenol. Daun ini bisa direbus dan diambil airnya membuat campuran atau bisa juga dikonsumsi dalam bentuk bubuk.

Kedua komponen antioksidan dan antimikrobanya benar-benar dapat membantu mengobati beberapa penyakit secara efisien. Namun, apabila menggunakannya untuk tujuan pengobatan, Anda harus ekstra hati-hati.

Berikut daftar manfaat kesehatan yang bisa didapat dari daun pohon mangga seperti dilansir Healthy Builderz, Minggu (19/11/2017):

1. Mengobati kecemasan

Tak banyak yang tahu daun mangga bisa meredakan kecemasan. Agar Anda merasa santai dan segar, cukup tambahkan beberapa potong daun mangga di air mandi Anda yang lebih hangat.

Beberapa orang yang tinggal di India hanya menggantung daun ini di depan pintu rumah mereka untuk mencegah stres dan kecemasan.

2. Pengobatan sakit telinga

Sakit telinga bisa sangat menyakitkan dan menyebalkan. Anda bisa menggunakannya sebagai tetes telinga untuk mengobati sakit telinga.

Cukup ekstrak daun mangga setidaknya satu sendok teh ekstrak daun mangga dalam bentuk konsentrat. Kemudian, teteskan ke daerah yang sakit setelah sedikit dipanaskan dan setelah itu Anda akan merasa lega.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

1 dari 3 halaman

3. Pengobatan diabates

Daun mangga sudah populer karena kemampuannya mengelola diabetes. Daun mangga mengandung tanin dan antosianin, yang sebenarnya dapat membantu mengobati diabetes.

Untuk mengobati diabetes secara efektif, cukup mengambil beberapa potong daun mangga dan rebus dengan air di dalam panci. Biarkan air dalam panci kering sampai setengahnya sebelum membiarkannya dingin.

Biarkan selama beberapa saat atau sampai keesokan paginya agar tersaring. Setelahnya, minumlah teh daun mangga yang telah Anda buat.

Daun mangga ini bisa membantu menormalkan kadar insulin. Ini juga bekerja sebagai antidiabetes dan anti-hiperlipidemia dan juga mencegah terjadinya hipoglikemia.

Menurut beberapa profesional kesehatan, teh mangga biasanya digunakan oleh dokter Eropa untuk menyembuhkan diabetes, serta masalah pembuluh darah yang terkait dengan diabetes.

4. Melegakan masalah pernapasan

Daun mangga bisa membantu dalam segala jenis masalah pernapasan. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita flu, bronkitis, dan asma.

Untuk menciptakan obat rumah yang menakjubkan ini, cukup rebus beberapa helai daun mangga dengan menggunakan air dan sejumlah madu untuk mempermanisnya.

2 dari 3 halaman

5. Pencegahan disentri

Daun mangga benar-benar bisa membantu dalam mengobati disentri pendarahan dan bahkan diare. Untuk menyembuhkan dan mencegahnya, cukup hancurkan beberapa helai daun mangga kering dan encerkan dengan air.

Minum obat ini minimal 2 sampai 3 kali sehari untuk melihat hasilnya.

6. Pengobatan tekanan darah tinggi

Daun mangga sebenarnya bisa membantu menurunkan tekanan darah karena mengandung komponen hipotensi. Kandungan di daun mangga juga dapat membantu dalam membuat pembuluh darah lebih kuat dan menyembuhkan masalah varises, dan mengurangi risiko hipertensi.

7. Pengobatan luka

Mengobati luka dan luka bakar bisa dengan menggunakan daun mangga. Yang perlu Anda lakukan adalah menghancurkan beberapa helai daun mangga dan menempelkannya ke area yang terbakar atau terluka.

 

Artikel Selanjutnya
Ramuan untuk Turunkan Kolesterol Setelah Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Mengejutkan, Sayur dan Buah Ini Bisa Dimakan Secara Utuh