Sukses

Awas, Stres Ternyata Bisa Bikin Bodoh

Stres mampu memengaruhi otak, yang mmunculkan perilaku orang menjadi bodoh dan tidak normal.

Liputan6.com, Jakarta Stres yang melanda seseorang dapat menyebabkan orang tersebut melakukan hal bodoh. Kesimpulan tersebut dari studi baru, yang dipublikasikan di jurnal Cell.

Kemampuan seseorang mengambil keputusan akan terhambat. Para peneliti menjelaskan, adanya gangguan pada rangkaian otak tertentu akibat stres. Kondisi ini dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang tidak normal dan memunculkan perilaku bodoh.

Penelitian dilakukan menggunakan tikus. Tikus dibebaskan memilih susu cokelat, yang ditaruh di bawah cahaya terang dan di bawah cahaya redup. Sebelum mengalami stres, tikus lebih menyukai cahaya terang, dilansir dari NDTV, Minggu (19/11/2017).

Tikus justru berkali-kali lebih memilih susu cokelat yang ditaruh di bawah cahaya redup. Para peneliti menyimpulkan, adanya tekanan karena stres memungkinkan pengambilan keputusan dan perilaku yang tidak normal.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Redakan stres

Ada beberapa cara meredakan stres, baik di rumah maupun di tempat kerja. Anda bisa minum teh mawar. Aroma mawar yang manis cukup untuk melawan stres dan membuat pikiran jadi rileks.

Teh peppermint juga bisa diminum. Aroma mint karena adanya mentol dan minyak atsirinya diketahui memiliki efek menenangkan otak. Secangkir teh panas dapat menenangkan diri dan pikiran Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.