Sukses

Kangkung dan Bayam Baik untuk Penderita Asam Urat

Liputan6.com, Jakarta Asupan kangkung dan bayam yang dinilai masyarakat sebagai makanan 'haram' bagi penderita asam urat, ternyata hanyalah mitos. Justru sayuran hijau ini dianjurkan untuk dimakan sebagai makanan utama penderita asam urat.

Hal tersebut berdasarkan rekomendasi dari American College of Rheumatology bahwa mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kangkung sangat dianjurkan bagi pasien asam urat (gout artristis)

"Bayam dan kangkung tidak menjadi penyebab asam urat, seperti yang selama ini berkembang di masyarakat. Itu hanyalah mitos," ujar Internis Konsultan Reumatologi di Siloam Hospital, dr Sandra Sinthya langow, Sabtu, 18 November 2017.

(Pramita Tristiawati)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bayam dan Asam Urat

Tak hanya sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, makanan lain yang baik untuk pasien asam urat adalah susu low fat atau rendah lemak, buah segar dan makanan berserat. Pasien juga disarankan untuk menghindari rokok atau vape (rokok elektrik).

Justru makanan yang harus dihindari adalah daging merah, seperti daging sapi, kambing, domba atau apapun hewan berkaki empat. Kemudian minuman alkohol dan jeroan juga harus dihindari bagi penderita asam urat.

"Itu namanya diet rendah purin, yakni menghindari konsumsi alkohol, daging merah, seafood, jeroan dan minuman tinggi fruktosa," kata dr Sandra. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini