Sukses

Habis Lari Jangan Malah Lakukan Ini, Rugi

Liputan6.com, Jakarta Selesai berlari, biasanya memang ada keinginan untuk langsung santai mengistirahatkan diri. Sayangnya, agar tidak cedera dan efek lari bisa jadi lebih efektif, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelahnya. Apa saja?

Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selepas Anda berlari, seperti dikutip dari laman Times of India, Sabtu (17/11/2017).

Duduk-duduk

Berlari bisa menjadi akitivitas yang sangat melelahkan. Sadarilah bahwa waktu istirahat adalah waktu untuk mengembalikan keadaan tubuh seperti sediakala, jika dilakukan dengan benar.

Setelah berlari, fokuslah untuk melakukan aktivitas yang ringan bukan tidak melakukan aktivitas apapun. Hal ini akan membantu tubuh pulih lebih cepat.

Saksikan juga  video menarik berikut ini:

 

1 dari 3 halaman

Tidak mengganti pakaian

Ya, kita cenderung untuk melakukan hal ini terutama ketika sehabis aktivitas lari pagi. Keringat yang terdapat pada pakaian mengandung bakteri. Pakaian basah bisa menggandakan kemungkinan timbulnya masalah kulit.

Kelembaban pakaian basah bisa memperbesar resiko tubuh mengalami demam. Karena itu, gantilah pakain Anda setelah berlari.

Mengkonsumsi makanan tidak sehat

Ini adalah satu cara untuk menyadari bahwa Anda melakukan lari yang lebih dari biasanya. Menyesuaikan aktivitas dengan makanan yang tepat bisa membantu kemampuan dalam berlari dan hasilnya akan terlihat pada meningkatanya stamina (atau bentuk tubuh yang ideal).

Namun, jika Anda berkutat hanya pada mie instan dan pizza sepanjang hari karenaAnda merasa sangat lapar akibat aktivitas lari yang lebih dari biasanya, hal tersebut akan berpengaruh buruk. Bukan saja Anda akan menjadi malas sepanjang hari, hal ini juga akan mengganggu kesempatan untuk menjadi lebih baik pada olaharaga favorit Anda.

2 dari 3 halaman

Aktivitas terlalu berat

Hanya karena sehabis berlari Anda memiliki energi yang bisa cukup untuk melakukan segala hal, bukan berarti Anda harus melakukannya. Janganlah mengangkat benda berat karena hal tersebut akan menghambat pemulihan otot-otot Anda.

Tidak memperlakukan diri Anda dengan baik

Ada banyak cara untuk menghargai performa diri Anda, namun bukan dengan terus menambah jarak tempuh lari Anda lebih dari tubuh Anda bisa terima. Setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda dan tentunya memiliki tingkat kesehatan dan ketahanan yang berbeda.

Jangan tertalu tertekan hanya karena Anda ingin terus meraih yang terbaik. Niikmatilah hasil perjuangan Anda.

Artikel Selanjutnya
Rumah Hiro Dibakar Orang, Vika Juga Kena Rampok
Artikel Selanjutnya
Badan Gosong, Tetangga Dude Harlino Kena Azab?