Sukses

Tak Cuma Keluarga Inti, ART Juga Perlu Divaksin Flu

Vaksinasi flu jangan hanya pada keluarga inti, tapi juga yang membantu di rumah seperti asisten rumah tangga dan baby sitter.

Liputan6.com, Jakarta Alangkah baiknya bila seluruh anggota keluarga mendapatkan vaksin flu atau influenza. Tak hanya keluarga inti tapi juga yang membantu di rumah seperti asisten rumah tangga, baby sitter, sopir, tukang kebun. Kenapa begitu?

Influenza merupakan penyakit saluran penyakit saluran napas akut yang mudah menular. Penularan virus sangat mudah terjadi lewat udara dan percikan ludah dari seseorang yang melakukan kontak langsung dari seseorang infeksius. Itu sebabya, orang lain yang ada di rumah juga perlu mendapat vaksin flu. 

"Mereka juga bisa menjadi sumber penularan (influenza). Jadi jangan hanya memperhatikan anggota keluarga saja," kata Wakil Ketua Indonesian Influenza, Samsuridjal Djauzi beberapa saat lalu di Jakarta ditulis Jumat (17/11/2017).

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksin flu melindungi hingga 90 persen

Pemberian vaksin flu melindungi dari virus influenza sampai dengan 90 persen pada individu sehat berusia di bawah 65 tahun. Jika memang sakit, kondisi pasien tidak terlalu parah atau masa pemulihan yang lebih cepat.

Mitos tentang Vaksin Flu

Untuk mendapatkan manfaat dari vaksin flu lakukan setahun sekali. Pastikan vaksin flu saat kondisi tubuh sedang sehat. Manfaat perlindungan dari vaksin ini akan dirasakan beberapa minggu setelah vaksinasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini