Sukses

Trik agar Anak Mau Minum Banyak Air Putih

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda memerhatikan anak tidak menghabiskan air putih di botol minum yang dibawa ke sekolah? Anak-anak hanya minum sedikit air putih, bahkan tidak sampai setengah botol yang habis diminum.

Sedikit minum air putih bisa menyebabkan anak dehidrasi. Padahal, tubuh seseorang harus terpenuhi kebutuhan air.

Ketercukupan air putih yang diminum memang tergantung usia, aktivitas, dan berat badan. Kebutuhan air yang harus diminum secara normal sebanyak 2,1-2,5 liter sehari.

Dr Ulul Albab, SpOG dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyarankan beberapa trik agar anak sekolah menghabiskan bekal air minum.

"Untuk ketercukupan air, orangtua harus membawakan bekal air minum. Biasanya anak sekolah, misal kelas 3 SD kan masuk jam 7 dan istirahat jam 9. Pergunakanlah waktu istirahat agar anak minum air di jam istirahat tersebut," kata dokter Ulul usai konferensi pers Kampanye "Gerakan Indonesia Sehat" Le Minerale dan IDI di Blue Jasmine Resto The Maja, Jakarta, ditulis Jumat (17/11/2017).

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Ajak aktivitas yang seru

Tips agar anak menghabiskan air minum juga dibeberkan Reisa Broto Asmoro, dokter cantik yang menjadi brand ambassador Le Minerale.

"Ini pengalaman saya sendiri. Anak memang suka sedikit minum. Kalau di rumah, tiap kali kita minum ya ajak anak juga ikut minum. Kita sebagai orangtua jadi role model buat anak," ujar dokter Reisa.

Ajak juga anak melakukan aktivitas seru. Misal, lomba siapa cepat menghabiskan air minum.

"Diajak seru aja. Seiring usia, nanti anak jadi punya kebiasaan minum yang cukup. Mereka sadar sendiri, kalau misalnya sehari itu minumnya kurang," ia menambahkan.

Artikel Selanjutnya
Usai Konsumsi Minuman Manis, Kenapa Masih Haus?
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Hebat Dari Rajin Minum Air Hangat Pagi Hari