Sukses

5 Kebiasaan Pagi yang Bikin Berat Badan Naik

Liputan6.com, Jakarta Beberapa kebiasaan tanpa disadari bisa berpengaruh membuat berat badan naik. Termasuk kebiasaan di pagi hari yang siginifikan membuat berat badan jadi naik.

"Kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat ingin menurunkan berat badan adalah memulai hari dengan tidak tepat," kata Presiden Institute for Sustainable Weight Loss, Susan Peirce Thompson.

Nah, ini lima kebiasaan pagi hari yang membuat berat badan naik seperti mengutip Women's Health, Jumat (17/11/2017).

1. Tidur berlebih

Kurang tidur bikin berat badan naik, dan kalau berlebih pun iya. Orang yang tidur 10 jam atau lebih berisiko memiliki indeks massa tubuh lebih tinggi dibanding yagn tidur 7-9 jam.

2. Bangun tidur tidak membuka jendela

Orang yang usai bangun tidur tidak terpapar cahaya matahari bakal memiliki berat badan lebih banyak. Dalam jurnal PLOS One menyebutkan orang yang beraktivitas 20-30 menit di bawah sinar matahari pagi memiliki indeks massa tubuh lebih rendah.

Rupanya, kehadiran sinar matahari pagi memberi "kode" terkait metabolisme tubuh.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Malas merapikan tempat tidur

3. Tidak merapikan tempat tidur

Percaya atau tidak, orang yang merapikan tempat tidur memiliki berat badan lebih rendah dibanding yang tidak. Hal ini diungkapkan oleh Charles Duhigg penulis The Power of Habit.

4. Malas menimbang badan

University of Cornell mengatakan wanita dan pria yang sukses menurunkan berat badan ketika rajin menimbang berat badan setiap hari di pagi hari. Menimbang berat badan di pagi hari, kata ahli nutrisi Lisa Jones, cenderung hasilnya akurat. Lalu, motivasi untuk berolahraga atau menjaga asupan makanan juga tinggi.

5. Tidak sarapan

Melewatkan sarapan juga memicu kebiasaan makan yang buruk sepanjang hari seperti mengidam (craving). Padahal. sarapan dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan energi Anda sepanjang hari. Bila tidak sarapan, energi Anda berkurang dan tingkat aktivitas fisik menurun.

Artikel Selanjutnya
Be Healthy: Hindari Efek Buruk dari Diet Yoyo
Artikel Selanjutnya
Be Healthy: Risiko Turunkan Berat Badan Terlalu Cepat