Sukses

Awas, Tak Semua Air Minum Kemasan Menyehatkan

Apakah sehat bila rutin minum air kemasan?

Liputan6.com, Jakarta Air minum kemasan menjadi pilihan praktis saat Anda sedang dahaga. Anda tidak perlu repot memasak air di atas kompor. Cukup buka botol air minum kemasan dan langsung meminumnya.

Namun, apakah sehat bila rutin minum air kemasan? dr Ulul Albab, SpOG dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjawab hal tersebut.

"Minum air kemasan boleh saja. Tapi bukan berarti semua air kemasan itu sehat. Ada air kemasan yang prosedur pembuatannya tidak sesuai dengan keamanan konsumen," kata dokter Ulul usai konferensi pers "Gerakan Indonesia Sehat" Le Minerale dan IDI di Blue Jasmine Resto The Maja, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Ada beberapa kunci yang jadi faktor, air kemasan yang diminum itu sehat dan aman. Anda bisa melihat komposisi yang tertera dalam botol air kemasan.

"Ya, bisa iseng-iseng saja sih cari tahu komposisinya (lewat internet). Lihat dari mana sumber dan pembuatan air kemasan. Jelas atau tidak sumber asal airnya," lanjut dokter Ulul.

 

 

Simak juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Air yang sehat

Cara mengecek air kemasan tak hanya dari komposisinya. Anda bisa merasakan efek setelah minum air kemasan.

"Kalau air kemasan yang diminum dirasakan tidak enak dan berbau. Itu tidak baik. Air kemasan seharusnya tidak berbau," lanjut dokter Ulul.

Untuk kenyamanan kesehatan, dokter Ulul membeberkan air yang layak minum.

"Pokoknya, air bersih yang bagus," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.