Sukses

Sontek Cara Kenalkan Anak pada Toleransi

Salah satu cara mengenalkan anak akan toleransi yakni dengan memperlihatkan perbedaan pada anak.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara mengenalkan toleransi pada anak yakni dengan memperlihatkan perbedaan. Psikolog Pion Clinician Rena Masri mengatakan hal tersebut bakal membuat anak jadi memahami perbedaan dan melihatnya sebagai kewajaran.

"Dari kecil, anak bisa diajari toleransi. Misalnya dijelaskan laki-laki dan perempuan, lalu jelas sifat-sifatnya. Dari situ anak akan belajar menerima oh sifatnya seperti ini," kata Rena.

Selain jenis kelamin, jelaskan juga tentang perbedaan-perbedaan lainnya ke anak. Seperti ras, agama, dan fisik.

Bukan berarti untuk membeda-bedakan, tapi untuk memberitahu anak bahwa ada banyak hal berbeda di luar sana dan itu sesuatu yang wajar seperti disampaikan Rena lewat sambungan telepon pada Kamis (16/11/2017).

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan percaya diri anak

Ketika anak sudah mengetahui bahwa ada perbedaan antara dirinya dengan orang lain, penting juga bagi orangtua untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Misalnya anak berambut keriting, sampaikan padanya bahwa hal itu memang salah satu jenis bentuk rambut dan ada banyak sosok keren dengan rambut seperti itu.

Hal ini akan membuat anak tetap nyaman walau ada hal yang berbeda antara dirinya dengan anak-anak lain.

"Kepercayaan diri yang baik akan membuat anak nyaman dengan dirinya, akan tahu kemampuannya dan tidak merasa terancam dengan adanya perbedaan," tandas Rena.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini