Sukses

Cara Langsing Super Gampang untuk Para Pemalas

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan agar langsing butuh usaha, tapi sebenarnya, waktu yang Anda dedikasikan untuk makan yang benar dan olahraga tidak harus terasa seperti kerja keras.

Bahkan, jika Anda tidak punya waktu, uang, atau motivasi untuk olahraga, masih ada banyak strategi yang tidak membutuhkan banyak usaha untuk menghilangkan berat berlebih.

Beberapa hobi para "pemalas" seperti bermain video gim, membeli makanan jadi, atau masak yang gampang-gampang, bisa dijadikan sebagai jalan pintas untuk bisa lebih langsing.

Berikut beberapa strategi mudah untuk para pemalas agar dapat badan lebih langsing, melansir Women's Health, Kamis (16/11/2017):

1. Pakai lipstik terang

Gunakan lipstik berwarna merah, oranye, atau merah jambu. Tidak hanya warna-warna ini lagi tren saat ini, mereka juga bisa mencegah Anda makan makanan manis atau gorengan, karena tidak mau bikin lipstik berantakan. Saran ini diberikan oleh Sari Greaves, RD, direktur nutrisi dari Step Ahead Weight Loss Center di New Jersey.

Belum lagi, menggunakan lipstik warna terang juga akan membuat suapan Anda jadi lebih kecil dan hati-hati.

2. Ambil jeda di setiap suapan

Mungkin akan butuh waktu untuk membiasakan diri dengan hal ini, tapi meletakkan sendok di antara setiap suapan bisa memperlambat proses makan dan membantu Anda makan lebih sedikit kalori, ujar Marisa Moore, RD, LD, MBA, juru bicara dari Akademi Nutrisi dan Diet.

Dia juga menyarankan untuk mengambil waktu agar bisa mengunyah makanan sampai benar-benar tuntas.

Menurut studi dari Harbin Medical University di Tiongkok, mereka yang mengunyah makanannya 40 kali setiap suapan makan lebih sedikit kalori dibanding yang hanya mengunyah 15 kali.

Cara lain untuk lebih cepat kenyang: minum air sebelum makan, saran Moore lagi.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 3 halaman

3. Bawa tas tangan (clutch)

Jika Anda akan pergi ke pesta, bawalah tas tangan, jangan tas sandang, saran Moore lagi. Hal ini akan membuat tangan Anda penuh, sehingga akan lebih sulit memegang piring dan gelas.

4. Sikat gigi

Secara tradisional, menyikat gigi adalah tanda untuk berhenti makan. Jadi, menyikat gigi setelah makan malam akan mencegah Anda untuk memakan camilan tengah malam, Dawn Jackson Blatner, RD, penulis dari The Flexitarian Diet menjelaskan.

Aroma mint yang kuat juga akan membuat indera pencecap sibuk, sehingga keinginan untuk makan lagi akan hilang.

5. Kencangkan ikat pinggang

Memasang ikat pinggang lebih sempit akan membantu mengingatkan Anda agar berhenti makan sebelum kekenyangan.

Ketika ikat pinggang mulai terasa lebih sempit, itu tanda Anda harus berhenti makan.

2 dari 3 halaman

6. Turunkan suhu AC

Membuat rumah atau kantor jadi lebih dingin dari biasanya ternyata bisa bantu menurunkan berat badan. Para peneliti dari Inggris menemukan, ada hubungan langsung antara suhu dalam ruangan dan menurunnya angka obesitas di Amerika Serikat dan Britania Raya.

Studi mereka, yang diterbitkan dalam jurnal Obesity Reviews, menjelaskan bahwa ketika tubuh dingin, mereka akan memproduksi lebih banyak lemak cokelat. Lemak cokelat akan membakar lemak untuk membangun panas tubuh. Berbeda dengan lemak putih, yang pada justru menumpuk kalori.

Para peneliti mencatat, mereka yang tetap mengenakan pakaian tipis saat berada di dalam ruangan dingin, pembakaran energinya meningkat sampai 100-200 kalori per hari. Dalam satu tahun, kalori yang terbakar ini akan bertambah banyak, sehingga bisa menurunkan berat badan dari 5 sampai 10 kg.

 

Artikel Selanjutnya
5 Rahasia Tampil Cantik Walau Tanpa Makeup
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing