Sukses

Diet 7 Hari Ini Bisa Turunkan Berat Badan hingga 6 Kg

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak pilihan diet yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan, salah satunya diet GM. Diet yang ditujukan bagi karyawan General Motors ini diklaim dapat menurunkan berat badan sekitar 6,8 kg dalam seminggu.

Diet GM merupakan jenis diet yang dijalani selama tujuh hari, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang diatur dalam diet tersebut. Setelah menjalani diet GM, Anda bisa menurunkan berat badan hingga 6,8 kg, seperti dilansir dari laman Boldsky, Kamis (23/11/2017).

Berikut ini pola makan yang harus dijalankan saat mencoba diet GM.

Hari pertama

Hari pertama diet GM diawali dengan mengonsumsi buah-buahan. Pada hari pertama ini, Anda hanya diizinkan untuk mengonsumsi buah sepanjang hari. Anda bebas mengonsumsi buah apa pun kecuali pisang.

Buah-buahan dapat mengisi perut kita dengan cepat karena kaya serat, namun nilai kalorinya yang rendah membuat buah cocok untuk menjaga asupan kalori Anda menjadi hanya 1000 - 1200 sepanjang hari. 

Hari kedua

Hari kedua pada diet GM adalah hari sayur. Pada hari ini, Anda hanya diperbolehkan makan segala jenis sayuran. Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah maupun matang. 

Selain itu, meski kentang merupakan jenis sayuran, karena mengandung karbohidrat, Anda hanya boleh mengonsumsinya hanya saat sarapan. Sarapan dengan kentang dapat memberikan Anda energi untuk menjalani aktivitas.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

1 dari 4 halaman

Hari ketiga

Selanjutnya, Anda diperbolehkan untuk makan buah dan sayur pada hari ketiga. Buah dan sayuran yang dikonsumsi boleh apa saja, kecuali pisang dan kentang. 

Menurut laman Healthline, tidak ada batasan konsumsi sayur dan buah secara spesifik pada hari ketiga tersebut.

Hari keempat

Pada hari keempat, Anda diperbolehkan mengonsumsi pisang. Kali ini, Anda bisa mencampurnya dengan susu dan dibuat smoothie. 

Menurut laman Healthline, Anda boleh makan antara enam hingga delapan pisang dan minum tiga gelas susu dalam sehari.

Hari kelima

Pada hari kelima, makanan yang Anda konsumsi adalah protein dan sayuran. Pada hari ini, Anda boleh makan daging dengan porsi dibawah 500 gram dalam sehari.

Anda juga boleh mengonsumsi telur dan sumber protein lainnya. Yang terpenting, perbanyak minum air putih karena daging diketahui meningkatkan kadar asam urat dan dapat menyebabkan gout.

 

 

2 dari 4 halaman

Hari keenam

Hari keenam

Hari keenam pada diet GM, makanan yang dikonsumsi sama dengan hari kelima, yaitu protein dan sayuran. Lagi-lagi, Anda diperbolehkan mengonsumsi daging, namun Anda tidak boleh mengonsumsi kentang karena mengandung karbohidrat.

Menurut laman Healthline, Anda boleh mengonsumsi sekitar 284 gram daging sapi, ayam atau ikan. Anda juga boleh mengonsumsi sayuran tanpa batasan jumlah yang spesifik. Namun sebaiknya Anda barengi dengan asupan air putih yang memadai.

Hari ketujuh

Pada hari terakhir, makanan yang boleh Anda konsumsi adalah beras merah, buah dan sayuran.

Menurut laman Healthline, pada hari terakhir ini juga tidak ada batasan jumlah asupan makanan tersebut secara spesifik.

Selain menjalani pola makan di atas, sebaiknya Anda juga mencukupi kebutuhan air putih sebanyak dua liter perhari. Hal ini bertujuan untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

3 dari 4 halaman

Belum tentu aman

Diet GM merupakan diet yang ditujukan bagi karyawan General Motors. Meski seringkali berhasil, namun diet ini belum tentu aman untuk dicoba semua orang. Ini karena setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Dan sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau ahli nutrisi ketika Anda akan mencoba diet ini.

Menurut laman The Health Site, diet GM bukanlah cara yang aman untuk menurunkan berat badan karena hanya berfokus pada makanan tertentu dan membatasi asupan makanan lain di siang hari. Pola makan ini juga tidak memenuhi pola makan dengan gizi lengkap dan seimbang.

Selain itu, ketidaklengkapan nutrisi dari diet ini dikhawatirkan menyebabkan gangguan kesehatan. Misalnya, kurangnya protein dapat menyebabkan rapuhnya tulang dan massa otot yang membuat seseorang lemah dan pucat.

Artikel Selanjutnya
Be Healthy: Hindari Efek Buruk dari Diet Yoyo
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi 3 Olahraga Bela Diri untuk Turunkan Berat Badan