Sukses

Hati-Hati, Banyak Minum Alkohol Bahaya untuk Kesehatan Mata

Minum alkohol secara berlebihan dapat membuat seseorang berisiko mengalami kerusakan mata.

Liputan6.com, Inggris Individu yang terlalu banyak minum alkohol berisiko tinggi mengalami kerusakan mata jangka panjang. Kerusakan mata yang dimaksud seperti gangguan penglihatan dan kebutaan.

Pria dan wanita yang terbiasa minum minuman mengandung alkohol sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 14 botol seminggu, menurut ahli kesehatan di Inggris. Bila minum melebihi jumlah tersebut, perlahan-lahan orang akan berisiko mengalami kerusakan permanen pada mata seiring bertambahnya usia.

Ada beberapa kerusakan mata karena efek alkohol, dilansir Huffington Post, Kamis (16/11/2017).

Sebabkan mata kering

Pernahkah bangun tidur lantas merasa mata kering dan merah setelah mabuk minum alkohol? Kondisi ini menyebabkan mata terasa gatal dan tidak nyaman, menurut para ahli dari Optical Express.

Studi sebelumnya dari Hallym University College of Medicine menunjukkan, meminum sejumlah kecil alkohol dapat meningkatkan gejala mata kering. Dalam kasus yang parah, kelenjar air mata bisa berhenti berfungsi.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gangguan penglihatan sementara

Amy Laux, manajer tata kelola klinis di Optical Express memperingatkan, racun (toksin) dalam alkohol mudah merusak saraf penglihatan, sehingga terjadi gangguan penglihatan. Misal, tidak bisa melihat jarak jauh.

3 dari 4 halaman

Gangguan penglihatan permanen seiring bertambahnya usia

Jika minum melebihi 14 botol alkohol dalam seminggu dapat menyebabkan gangguan permanen. Ini bisa memicu degenerasi makula (penurunan penglihatan) terkait usia.

Kelebihan alkohol juga bisa mengganggu fungsi hati dan mengurangi produksi glutathione--protein--mencegah kerusakan sel tertentu. Jika kekurangan glutathione dapat menyebabkan katarak.

4 dari 4 halaman

Alami kebutaan

Minum alkohol berlebihan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kebutaan. Metabolisme tubuh akan melambat dan penglihatan biasanya memburuk seiring bertambahnya usia. Ini menyebabkan saraf penglihatan kian melemah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.