Sukses

Sehatkan Jantung dengan Makan Kacang, Ini Caranya

Memasukkan kacang ke dalam menu harian bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Caranya?

Liputan6.com, Jakarta Sudah sejak lama kacang-kacangan dianggap sebagai bagian dari makanan sehat. Dan belum lama ini, ada sebuah penelitian baru yang mendukung peran kacang dalam melindungi jantung, seperti dilansir dari laman Today, Kamis (15/11/2017).

Para peneliti menemukan, mereka yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan memiliki risiko 14 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit kardiovaskuler, dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak mengkonsumsi kacang. Temuan ini menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of the American College of Cardiology.

“Catatan yang bisa Anda ambil adalah, masukkan segenggam penuh kacang-kacangan pada menu diet sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi resiko penyakit kronis lainnya,” ujar kepala penelitian tersebut, Marta Guasch-Ferrre, seorang peneliti pada departemen nutrisi Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kacang kaya nutrisi sehat

Kacang-kacangan sangat kaya akan lemak sehat, serat, mineral, vitamin dan beberapa senyawa bioaktif lainnya, seperti kandungan antioksidannya yang menyebabkan kacang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Satu temuan yang cukup membingungkan adalah selai kacang yang justru tidak memiliki manfaat perlindungan.

“Kami meyakini salah satu alasannya adalah karena biasanya selai kacang dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang tidak sehat seperti roti tawar putih,” ujar Guasch-Ferre.

Penelitian terbaru ini diikuti lebih dari 210 ribu orang, dan beberapa telah diteliti selama 32 tahun. Ini merupakan penelitian pertama dalam skala yang besar yang menunjukkan bahwa konsumsi rutin kacang-kacangan bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler, ujar Guasch-Ferre.

 

3 dari 3 halaman

Kacang dan berat badan

Mereka yang khawatir kacang tinggi kalori dan bisa menambah berat badan harus tahu: Kacang-kacangan berkaitan dengan minimnya peningkatan berat badan dan sangat kecil menimbulkan resiko obesitas.

Hal ini mungkin disebabkan oleh rasa yang lebih mengenyangkan ketika mengkonsumsi kacang.

Kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik bagi lemak omega-3, serat, vitamin E, dan asam amino arginine,

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini