Sukses

Kurang Tidur Bikin Lemot, Bagaimana Biar Nyenyak?

Liputan6.com, Jakarta Orangtua yang baru memiliki bayi, mahasiswa, dan profesional yang bekerja dalam waktu lama sudah terbiasa dengan kurang tidur.

Kebiasaan itu jangan ditiru. Kurang tidur selama periode waktu yang lama dapat menimbulkan konsekuensi yang berkepanjangan pada seluruh tubuh.

Waktu tidur yang dianjurkan adalah tujuh sampai delapan jam. Tidur empat sampai enam jam setiap malam selama periode lima hari, menghasilkan penundaan kognitif dan fisik yang sama seperti malam tanpa tidur.

Saat Anda menghitung jumlah malam tidur yang tidak memadai, semakin sulit untuk pulih.

Kurang tidur dapat mempengaruhi Anda dalam beberapa cara termasuk:

• Waktu reaksi lambat

• Melemahkan sistem kekebalan tubuh

• Mengganggu konsentrasi

• Meningkatkan risiko terkena obesitas, penyakit jantung, stroke dan diabetes

Orang dewasa berumur 18 tahun dan lebih tua harus tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam dan remaja (10-17 tahun) dianjurkan untuk tidur minimal sembilan jam setiap malam.

Meskipun beberapa gangguan tidak dapat dihindari, kemungkinan melakukan perubahan kecil dapat berdampak besar dalam mencapai tidur nyenyak.

1 dari 2 halaman

4 tips

Berikut empat tips untuk tidur nyenyak seperti dikutip dari situs My Dayton Daily News pada Kamis, 15 November 2017.

1. Tambahkan waktu tidur 20 menit

Jika Anda tidak mencatat jumlah tidur per malam yang disarankan, jangan stres. Tidur kurang dari 20 menit sebelumnya bisa meningkatkan performa kognitif dan fisik Anda dua kali lipat. Pindahkan waktu tidur Anda dalam waktu 20 menit sampai Anda mencapai setidaknya tujuh jam.

2. Hindari kafein dan stimulan di siang hari

Lakukan upaya sadar untuk tidak mengkonsumsi kafein setelah siang hari. Kopi, soda, coklat dan bahkan merokok bisa mempengaruhi tidur Anda. Hindari makanan berat atau olahraga satu sampai dua jam sebelum tidur.

3. Jauhkan ponsel dari kamar tidur

Bermain handphone tepat sebelum tidur dapat membahayakan kualitas tidur Anda secara keseluruhan. Suara, lampu berkedip, dering atau gangguan lainnya yang bisa dimunculkan handphone Anda sepanjang malam sehingga Anda tidak cukup istirahat.

Biarkan ponsel Anda berada di ruangan terpisah untuk mengurangi interupsi dalam siklus tidur Anda. Hal yang sama berlaku untuk elektronik lainnya. Hindari stimulasi cahaya terang pada layar TV, komputer, tablet dan konsol game sebelum tidur.

4. Jaga agar kamar tidur sejuk, sepi dan gelap

Blokir dari luar dengan tirai, tapi pastikan Anda bisa membiarkan lampu masuk segera setelah Anda bangun.

Artikel Selanjutnya
Clean Sleeping, Cara Tidur yang Bikin Tubuh Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
Bukan Main Smartphone, 5 Kebiasaan Tidur Ini Buat Cepat Sukses