Sukses

Dokter Beberkan Bahaya Pemberian Miras ke Satwa

Liputan6.com, Jakarta Kini tengah viral video aksi pengunjung--sebuah tempat wisata berbasis habitat satwa di alam bebas--memberikan minuman yang diduga minuman keras (miras) kepada beberapa satwa yang ada. Pada unggahan itu tampak lokasi yang tertera adalah sebuah taman wisata di Jawa Barat. Jika memang benar miras, hal tersebut bisa membahayakan kesehatan hewan itu.

"Kalau miras, otomatis ini (mengandung) alkohol ya. Bisa mengganggu sistem pencernaan, bisa muntah atau diare," kata dokter hewan Gunnar Yogi saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Rabu (15/11/2017).

Sementara bila satwa tersebut diberikan sedikit tapi terus-menerus, hal ini bakal menimbulkan dampak yang lebih besar lagi. Satwa bisa kecanduan dan berhalusinasi seperti disampaikan Gunnar.

Mengingat dampak yang bakal terjadi, dokter hewan yang berpraktik di Gianyar, Bali, ini berpesan agar pengunjung kebun binatang tidak sembarangan memberikan makanan atau minuman.

"Setiap pengunjung yang ke kebun binatang, turutilah yang disarankan petugas. Jangan sembarang memberikan sesuatu kepada hewan karena mungkin tidak baik bagi hewan tersebut," kata Gunnar.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Permintaan maaf pelaku

Video viral aksi tidak terpuji pengunjung Taman Safari ini bisa dilihat dari akun Instagram @doniherdaru. Sekitar 16 jam lalu, @doniherdaru mengunggah video dari Instagram Stories @alyccaaa dan @philipbiondi.

"Sepertinya mereka ke Taman Safari, dan melakukan hal yang sangat tidak pantas. .," tulis @doniherdaru.

"Di video pertama, mereka seolah hendak memberikan wortel ke rusa/kijang, namun ternyata malah memasukkan minuman (yang kami duga keras) miras, seperti yang terlihat botolnya di video kedua. . Di video kedua, mereka menyemprotkan miras tersebut ke mulut kuda nil. .," lanjut @doniherdaru lagi.

Video yang memperlihatkan beberapa remaja cekoki hewan dengan minuman keras di Taman Safari ini langsung viral!

 

Unggahan video tersebut sontak membuat banyak orang kaget. Lalu, memprotes aksi pemilik akun @alyccaaa dan @philipbiondi. Tahu aksinya mendapat sorotan warganet, @alyccaaa meminta maaf.

"Saya atas nama pribadi meminta maaf sebesar-besarnya atas tindakan saya dan teman saya.. ," tulis @alyccaaa kepada akun Instagram @christian_joshuapale seperti pantauan Health-Liputan6.com pada Rabu (15/11/2017).