Sukses

Bau Mulut di Pagi Hari? Ini Biang Keladinya

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut yang kurang sedap di pagi hari seringkali menjadi alasan mengapa kita selalu enggan berada terlalu dekat dengan orang lain sebelum kita menggosok gigi, atau minimal berkumur dipagi hari.

Seringkali kita bertanya mengapa aroma mulut selalu tidak mengenakkan ketika kita terbangun dipagi hari? Tentu saja ini karena Anda melewati waktu lima hingga delapan jam tanpa menggosok gigi Anda.

Memang pada siang hari pun terkadang kita juga menghadapi keadaan yang sama, melalui hari tanpa menggosok gigi, lantas apa yang menyebabkan terjadinya perbedaan?

Penyebabnya adalah kurangnya produksi air liur ketika Anda tertidur, ujar Mazen Natour, D.M.D., seorang Prosthodontist di Manhattan. Pada normalnya, air liur berfungsi menyingkirkan bakteri penyebab bau.

Ketika pada malam hari air liur tidak sebanyak siang hari, memberikan kesempatan pada bakteri penyebab bau mulut tersebut untuk berkembang lebih banyak, melansir Men's Health, Rabu (15/11/2017)

Jadi, semakin kering mulut Anda, semakin besar kemungkinan Anda memliki napas yang sangat buruk ketika terbangun di pagi hari. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 2 halaman

Penanda penyakit

Bernapas melalui mulut, mendengkur, dan sedang dalam pengobatan tertentu bisa menjadi salah satu penyebab kekeringan pada mulut, yang bisa membuat bau mulut menjadi lebih buruk lagi.

Pada sebagian besar kasus, bau mulut di pagi hari bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun pada beberapa situasi, bau mulut tidak sedap yang tidak biasa bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan lainnya.

Seringkali hal tersebut menjadi penanda awal pada gusi bermasalah, yang berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Bisa juga hal tersebut menjadi indikasi adanya infeksi seperti abses atau permasalahan serius lainnya.

Konsultasikan kepada ahlinya jika Anda tiba-tiba mengalami bau mulut yang tidak sedap di pagi hari yang tidak umum.

Artikel Selanjutnya
Hujan Misterius di Tebet dari Air Pemadam Kebakaran?
Artikel Selanjutnya
Hujan Misterius di Tebet Mirip Kejadian Aneh di Afrika Ini