Sukses

Ditemukan Diet untuk Pasien Hipertensi Turunkan Tekanan Darah

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian mengungkapkan sebuah diet yang dapat membantu pasien hipertensi menurunkan tekanan darah.

Mengutip laman Boldsky, Selasa (14/11/2017), para pasien hipertensi bisa menurunkan tekanan darah dengan menjalani diet dash. Diet ini merupakan jenis diet yang sehat dan rendah natrium.

Diet ini mengombinasikan sejumlah makanan dan nutrisi yang tepat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian bersama dengan susu, ikan, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan rendah atau bebas lemak. Ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengendalikan hipertensi.

Penelitian tersebut dipimpin oleh Stephen Juraschek, peneliti di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, AS. Para peneliti telah menganalisis 412 orang dewasa dengan tekanan darah sistolik.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

Penelitian

Para peserta diberi diet natrium rendah selama empat minggu. Para peserta kemudian dibagi menjadi empat kategori tekanan darah yaitu kurang dari 130 mmHg, antara 130 dan 139 mmHg, antara 140 dan 159 mmHg, dan mmHg 150 atau lebih.

Setelah penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa para partisipan yang mengikuti diet dash memiliki tekanan darah sistolik yang lebih rendah.

Penelitian ini baru-baru ini dipresentasikan pada Sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika di California.

Selain menjalani diet dash, beberapa makanan lain seperti bawang putih, daun seledri dan air kelapa juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Artikel Selanjutnya
Mudah Pipis hingga Gusi Berdarah, Tanda Gula Darah Tinggi?
Artikel Selanjutnya
Inilah Kenapa Kebanyakan Pasien Kanker Jadi Sangat Kurus